Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar -- Peluang Bisnis / Usaha yang Bisa Dikembangkan di Rumah, Jenis Peluang Usaha Sampingan yang Bisa Dijalankan di Rumah, Jenis Usaha Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan Keuntungan, Contoh Ide Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang dengan Modal Kecil, Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah yang Berawal dari Hobi, Usaha Rumahan.


Bisnis yang dikembangkan di rumah pada umumnya dilakukan oleh ibu rumah tangga yang tidak bekerja di suatu instansi. Jadi bisnis di rumah atau home business sangat cocok untuk ibu rumah tangga meskipun ada beberapa kaum pria yang mengembangkan jenis usaha serupa. 

Untuk ibu rumah tangga yang mempunyai rencana untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat usahanya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda bisa membangun sebuah usaha di dalam rumah dengan menentukan jenis usaha yang sesuai dengan hobi Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman ketika mulai berbisnis di rumah. 

Mengenai jenis usaha yang bisa dikembangkan di rumah oleh ibu rumah tangga yang tidak bekerja di instansi, maka sangatlah banyak jenis usaha yang bisa dikembangkan. Dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat untuk bisnis merupakan pilihan cerdas bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan lebih untuk membantu perekonomian rumah tangga nya. 

Hampir semua bisnis sebenarnya bisa dilakukan dan dikembangkan di rumah asalkan situasinya memungkinkan. Sebab situasi di setiap lingkungan tempat tinggal tentunya berbeda-beda dan memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Salah satu kekurangan dari usaha di rumah yaitu akan mengurangi ekstensi serta fungsi rumah sebagai tempat beristirahat dan akan bercengkrama dengan keluarga. 

Sedangkan kelebihan dari bisnis di rumah yaitu bisa memberikan penghasilan yang lebih dan bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga. Jika Anda khawatir saat ingin mengembangkan usaha di rumah tetapi bisa mengurangi fungsi rumah sebagai tempat beristirahat, maka ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan rumah seperti usaha berikut ini. 

15 Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

1. Membuat Kue 

Jika Anda adalah ibu rumah tangga yang memiliki keahlian atau hobi untuk membuat kue, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian atau hobi tersebut untuk menghasilkan uang meskipun tidak bekerja di luar rumah. Caranya Anda bisa mulai bisnis usaha membuat kue dengan modal kecil-kecilan terlebih dahulu. 

Setelah usaha membuat kue yang Anda jalankan sudah mulai berjalan dengan lancar, maka Anda bisa menambahkan sedikit modal dari hasil penjualan kue dan mulai menambahkan porsi kue yang dijual dari biasanya. Sehingga pembuatan kue yang akan Anda jual lebih banyak dari biasanya. 

Cara jualnya bisa dilakukan secara online maupun menitipkannya di warung-warung dan bisa juga dengan menerima pemesanan atau catering. Bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah. Jadi manfaatkan keahlian Anda jika memiliki keahlian atau hobi dalam membuat kue sehingga hobi tersebut bisa menghasilkan uang. 

2. Menjahit Pakaian 

Menjahit pakaian merupakan salah satu bisnis usaha yang bisa Anda jalankan di rumah. Meskipun bisnis ini sering dijalankan oleh ibu rumah tangga, namun tidak ada salahnya jika kaum pria yang menjalankannya. 

Menjahit pakaian di rumah bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga atau kaum pria yang memiliki keahlian dalam menjahit. Meskipun penghasilan dari menjahit pakaian tidak menentu, namun ada saatnya di waktu-waktu tertentu usaha ini menjadi usaha yang paling rame diantara usaha yang lainnya seperti pada waktu mendekati lebaran atau hari-hari besar lainnya. 

Pada umumnya, saat menjelang hari lebaran banyak orang yang menginginkan penampilannya lebih indah dari pada biasanya. Dengan begitu, pakaian merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jadi kebanyakan orang akan membeli bahan untuk dijadikan sebagai pakaian yang digunakan di hari lebaran. 

Dengan begitu, usaha menjahit pakaian yang Anda jalankan di rumah bisa menghasilkan puluhan juta rupiah di waktu-waktu tertentu. Keterampilan ini sangat cocok untuk Anda kembangkan di rumah sebagai bisnis sampingan bahkan bisa menjadi usaha utama untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

3. Jasa Tata Rias Pengantin 

Membuka jasa tata rias pengantin di rumah memang membutuhkan modal yang cukup besar. Selain itu, Anda harus memiliki ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan alat-alat rias, anyway dan masih banyak lagi. Jadi jika Anda memiliki modal serta rumah yang memungkinkan untuk membuka jasa tata rias pengantin di rumah maka lakukan. 

Bisnis ini tidak kalah prospektif nya dengan pekerjaan lainnya. Keterampilan merias juga bukan keterampilan yang dimiliki oleh banyak orang sebab membutuhkan kesabaran dan keuletan untuk terus melatih keterampilan tersebut. 

4. Jasa Penitipan Anak 

Pada tahun 2004, bisnis jasa penitipan anak menjadi salah satu usaha yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Banyaknya ibu rumah tangga yang sibuk dengan kariernya akan menitipkan anaknya di jasa penitipan anak yang sudah jelas pertanggung jawabannya. 

Jika Anda memiliki rumah dengan ukuran yang luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai jasa penitipan anak. Jadi rumah Anda bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari usaha sendiri. 

5. Mini Grosir / Dagangan Kios 

Jenis bisnis dagangan kios kecil-kecilan merupakan jenis usaha yang sudah banyak dijalankan oleh banyak orang yang tidak memiliki kesibukan di luar rumah. Usaha ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan tempat di depan rumah dan sedikit modal untuk menjalankan usaha.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda tidak memerlukan skill atau keterampilan khusus. Hanya saja Anda harus bisa untuk mengatur keuangan dari hasil usaha dan bisa mengembalikan modal awal. Jika modal awal sudah kembali, maka selanjutnya Anda harus bisa mengembangkan usaha sedikit demi sedikit agarkeuntungan yang diperoleh semakin banyak. 

Membuat dagangan kios di rumah sendiri bisa Anda jalankan dengan mengurus rumah tangga yang harus dikerjakan seperti mengurus anak, menyiapkan makanan untuk suami, dan menjalankan aktivitas lain. Uang dari hasil penjualan bisa digunakan sebagai hasil tambahan di kebutuhan Anda sehari-hari. Jika mendapatkan rezeki yang lebih bisa ditabung untuk masa depan. 

6. Reseller Baju 

Jenis usaha reseller baju atau pakaian merupakan jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah. Jenis bisnis ini berbeda dengan jenis usaha membuka jasa jahit baju di rumah. Sebab reseller pakaian tidak membutuhkan keahlian yang khusus seperti menjahit baju. 

Anda hanya perlu melakukan transaksi jual beli baju setelah itu keuangannya harus ditata secara teratur agar modal awal dengan keuntungan dari hasil penjualan tidak menjadi satu sehingga tidak jelas mana uang hasil dari penjualan dan mana uang yang digunakan untuk modal. 

Bisa juga dalam usaha reseller baju dengan modal katalog saja dan sedikit modal untuk membeli satu baju sebagai contoh yang dipasang di rumah. Sebagai reseller, Anda harus bisa mengatur strategi penjualan berupa produk yang dipasarkan, target pasar, harga penjualan, kualitas produk, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tunjangan bisnis Anda. 

Sebagai pengusaha reseller baju atau pakaian, Anda harus menjadi penjual yang cerdik seperti memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menawarkan usaha Anda dan banyak orang yang akan tertarik dengan usaha Anda saat ini. 

7. Reseller Kosmetik 

Bisnis Reseller kosmetik hampir sama dengan usaha reseller pakaian. Kerjanya sama-sama menawarkan produk ke konsumen dengan menggunakan katalog. Keduanya merupakan usaha yang menguntungkan karena hanya mengeluarkan sedikit modal akan tetapi keuntungannya bisa berlipat lipat. Jika Anda bisa mengelola usaha ini dengan baik, maka bisa memberi keuntungan yang banyak. 

Perbedaan antara reseller pakaian dengan reseller baju yaitu jika Anda sebagai reseller pakaian maka membutuhkan ruangan khusus untuk membuat pajangan baju sebagai salah satu contoh produk yang akan dijual kepada pembeli. Sedangkan pada reseller kosmetik, Anda tidak perlu menyiapkan ruangan khusus untuk menyimpan kosmetik yang Akan dijual. 

Jika Anda memiliki strategi yang bagus dan memiliki skill penjualan kosmetik yang bisa membuat pembeli tertarik, maka usaha ini akan menjadi usaha yang sangat menguntungkan. 

8. Membuka Salon (Rumah Kecantikan) 

Jika Anda memiliki keahlian di bidang kecantikan dan memiliki ruas rumah yang cukup luas, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka rumah kecantikan atau salon. Biasanya orang yang berusaha di bidang ini akan mengombinasikan dengan bisnis tata rias pengantin. 

Kedua bisnis tersebut jika berhasil Anda kelola akan menguntungkan dan akan membuat penghasilan Anda menjadi bertambah. Namun untuk mulai usaha ini, Anda harus mengeluarkan modal yang cukup banyak karena harus membeli peralatan rias, peralatan kecantikan dan banyak hal yang harus ada untuk menjalankan bisnis ini. 

Meskipun modal yang harus dikeluarkan cukup banyak, namun keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah usaha ini berjalan akan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Mengingat mahalnya rias pengantin dan merawat kecantikan saat ini, maka usaha tersebut sangat disarankan bagi Anda yang memiliki skill di bidang kecantikan untuk menambah penghasilan. 

9. Jual Pulsa Elektrik dan Kuota 

Banyak ibu rumah tangga yang menjual pulsa elektrik dengan mengombinasikan antara jual pulsa elektrik, kuota internet, dengan kios kecil-kecilan. Banyaknya pengguna pulsa listrik saat ini menjadikan peluang untuk Anda berjualan dengan sedikit modal namun keuntungannya berkali-kali. 

Pulsa listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan primer di kalangan masyarakat. Ini akan menjadi peluang yang menguntungkan bagi Anda jika Anda bisa mengatur strategi yang benar dalam penjualan pulsa listrik. 

Menjual pulsa memang keuntungannya akan diperoleh sedikit demi sedikit. Namun jika Anda pintar untuk mengolah usaha tersebut, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan akan lebih banyak jika dibandingkan dengan usaha lainnya yang membutuhkan modal besar untuk memulai usaha. 

10. Jasa Cuci Pakaian (Laundry) 

Jasa cuci pakaian atau laundry merupakan usaha yang sangat cocok untuk dikembangkan di lingkungan perkotaan atau di perumahan kota yang pemilik rumahnya sibuk dengan kariernya masing-masing. 

Untuk membuka laundry, maka Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit dan ruas rumah yang lumayan besar untuk tempat menyetrika, mengeringkan dan lain-lain. 

Usaha laundry ini sangat menguntungkan pemiliknya meskipun modal yang harus dikeluarkan cukup banyak. Sebab jasa laundry tidak memerlukan keahlian khusus karena mengandalkan mesin cuci yang memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaannya. 

11. Catering 

Catering merupakan usaha yang sangat cocok di area perkotaan atau di perumahan yang penghuninya adalah pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran. Jika Anda berada di lingkungan tersebut, maka usaha catering merupakan jenis usaha yang sangat perlu untuk dipertimbangkan guna menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan ekonomi. 

Jika Anda membuka usaha catering, tentu Anda harus pintar untuk membuat masakan yang enak sehingga pelanggan akan kembali lagi memesan catering di tempat Anda. terus belajar untuk membuat makanan yang lezat agar usaha Anda dalam menerima pesanan atau catering terus berjalan lancar. 

12. Kerajinan Tangan 

Kerajinan tangan merupakan keterampilan yang bisa dimiliki olehsemua orang asalkan mau belajar. Namun ada yang hobi membuat kerajinan tangan dan ada juga yang kurang suka untuk membuatnya. 

Membuat kerajinan tangan seperti membuat anyaman, membuat boneka, membuat bunga dari plastik dan banyak lagi bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha kerajinan tangan di rumah. 

Selain menyalurkan hobi, Anda juga akan mendapat penghasilan tambahan. Kerajinan tangan ini sangat prospektif dan memiliki pasar yang besar. Jangan sia-siakan keahlian Anda karena bisa jadi penghasilan yang lumayan besar jika terus dikembangkan. 

13. Ternak Unggas

Bisnis ternak unggas merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan area di belakang rumah. Jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di pedesaan. Dalam menjalankan bisnis ternak unggas harus benar-benar diperhatikan kebersihan dari kandang untuk ternak. 

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penyakit serta bau tidak sedap berlebihan yang bisa mengganggu lingkungan atau tetangga sekitar Anda. Buatlah usaha ternak unggas sebaik mungkin agar tidak mengganggu kenyamanan orang yang ada di sekitar. 

14. Usaha Tanaman Bunga 

Kebanyakan ibu rumah tangga sangat senang untuk menanam bunga di halaman rumahnya karena bisa memberikan tampilan yang lebih indah. Jika Anda adalah orang yang suka mengoleksi berbagai macam bunga tanaman, maka bisnis flower atau usaha bunga merupakan usaha yang bisa Anda kembangkan. 

Sebaiknya jika Anda akan memulai usaha ini maka perhatikan lokasi di lingkungan Anda. Akan lebih baik jika usaha tersebut dikembangkan di daerah perkotaan atau yang dekat dengan kota. Hasil dari usaha ini bisa dibilang lumayan banyak karena pasaranya lumayan besar dan sangat prospektif. 

15. Usaha Online 

Saat ini sudah banyak sekali ibu rumah tangga yang memanfaatkan hp androidnya sebagai alat untuk mencetak uang. Dengan media sosial yang mereka miliki, mereka bebas untuk berjualan online. Ada yang jual baju, tas, sepatu dan masih banyak lagi. Jual online hanya butuh hp android dan kuota saja. Jadi tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menjalankan usaha tersebut. 

Beberapa tips dalam jualan online perlu Anda perhatikan agar usaha tetap lancar dan penghasilan terus bertambah.Tips yang perlu Anda perhatikan salah satunya yaitu menggunakan metode yang sering digunakan oleh orang yang sudah ahli dalam menawarkan produk di jual online. 

Terus belajar dari orang yang sudah berpengalaman agar usaha Anda bisa berjalan dengan baik. Tetap berjuang dan berusaha untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Namun sebelum Anda mulai berbisnis online, tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual. Setelah itu ketahui minat pembeli, apakah efektif atau tidak jika usaha tersebut terus dijalankan. 

Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penawaran secara online agar produk Anda terus diketahui oleh banyak orang. Meskipun jual online ini tidak mengeluarkan banyak modal, namun Anda harus tetap memiliki strategi untuk berjualan secara tepat karena ini merupakan usaha yang akan Anda jalani selama berbisnis. 

Atur proses pembelian yang simpel agar mudah untuk dimengerti pembeli. Setidaknya Anda menawarkan produk untuk dijual dan cara penjualannya mudah untuk dipahami konsumen. Perhitungkan keuntungan yang Anda dapatkan. Jangan sampai uang hasil bisnis tercampur dengan uang pribadi. Karena bisa jadi Anda tidak bisa mengumpulkan uang dari hasil usaha.

Itulah ulasan mengenai 15 Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar yang dapat kami bagian. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.