Peluang Bisnis Kuliner / Makanan yang Laris dan Menguntungkan

Peluang Bisnis Kuliner / Makanan yang Laris dan Menguntungkan -- Peluang Usaha Kuliner dengan Modal Kecil Untung Besar, Peluang Bisnis Kuliner yang sedang Booming, Bisnis Makanan yang Menguntungkan, Usaha Makanan Ringan Unik dan Kreatif, Usaha-Bisnis Makanan Ringan Unik dan Kriuk, Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini,  Usaha Kuliner yang Menjanjikan, Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula, Peluang Usaha Makanan / Kuliner yang Banyak digemari Orang.


Menjalankan sebuah bisnis dan mempunyai bisnis yang sukses dan besar tentunya menjadi impian setiap orang. Apalagi saat merasa bosan dengan pekerjaan kita sebagai karyawan. Gaji yang terhitung pas-pasan, tugas kerja dan target yang tidak seimbang, sering kali membuat banyak orang ingin mencoba peluang lain yang bisa menjadi pundi-pundi uang.  

Memang menjadi seorang karyawan harus mempunyai etos kerja yang tinggi. Kadang ada beberapa perusahaan yang tidak mengenal toleran terhadap karyawannya. Seperti tidak memberikan izin dengan mudah kepada mereka padahal ada keperluan atau kepentingan yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan.

Banyak juga para karyawan yang harus memaksakan kondisi kesehatan mereka untuk tetap bekerja walaupun badan sedang kurang sehat. Kerjanya sudah maksimal namun banyak yang memperoleh gaji tidak seimbang dengan kinerja yang sudah diberikan. 

Saat anda merasa bosan dalam bekerja, mungkin anda bisa mencoba usaha atau bisnis yang lainnya. Bisnis ini bisa anda jalankan untuk sebagai sampingan hiburan saat anda merasa lelah atau bahkan bisa menjadi terobosan baru buat anda yang ingin keluar dari zona aman menjadi seorang karyawan.

Memang menjalankan bisnis akan sangat berbeda dengan saat kita menjadi seorang karyawan. Saat kita bekerja di dalam sebuah perusahaan setiap hari kita bekerja berangkat ke kantor, setiap bulan kita menerima gaji sebagai imbalan kinerja kita. Namun saat kita menjalani bisnis, kita harus memutar otak sendiri bagaimana bisnis yang kita bangun bisa berjalan dan mendapatkan keuntungan.

Selain itu, kita juga harus pintar membaca peluang agar bisnis kita bisa diterima di pasaran dan mendapatkan keuntungan serta hasil seperti yang kita harapkan. Sebenarnya berbisnis bukan berarti membuka usaha tanpa risiko, justru di dunia bisnis itu risikonya sangat lah banyak. Dari persaingan dengan pelaku bisnis lain, sampai dengan pemasaran produk hingga di terima di masyarakat.

Namun, apabila anda berbisnis, maka anda tidak terikat dengan siapa pun. Anda bukan lah karyawan yang harus patuh terhadap peraturan yang diterapkan. Karena di bisnis ini anda lah yang menjadi owner atau pimpinan. Sehingga bagaimana jalannya usaha anda, di tangan anda sendiri lah yang menentukan. Semakin anda getol dan giat semakin berkembang pula bisnis yang anda jalani.

Anda yang menginginkan membuka suatu bisnis usaha, anda bisa mencoba peluang bisnis kuliner. Bisnis di bidang kuliner bukanlah bisnis musiman yang ramai hanya dalam waktu tertentu. Bisnis kuliner cukup menjanjikan karena seperti kita ketahui bersama, kebutuhan makanan itu setiap hari dibutuhkan. Dan juga bisnis kuliner tidak membutuhkan modal yang besar. Karena kita bisa mengembangkan usaha tersebut di dalam rumah kita.

Peluang Bisnis Kuliner / Makanan yang Laris dan Menguntungkan

1. Membuat dan Jual Kue atau Roti Kering 

Bisnis kuliner itu tidak ada matinya. Kebutuhan akan makanan terus meningkat seiring bertumbuhnya jumlah penduduk. Membuat suatu bisnis kuliner pun harus melihat situasi atau peluang yang ada. Salah satu usaha yang bisa anda jalankan adalah dengan membuka jasa membuat kue atau roti kering.

Membuat kue ini bisa anda khususkan membuat jenis kue untuk perayaan ulang tahun, pernikahan, tunangan atau acara yang lainnya. Bisa juga dengan membuat roti kering. Permintaan roti kering di pasaran terus meningkat setiap bulannya. Apalagi saat akan menjelang perayaan agama seperti hari lebaran, natal atau hari raya agama lainnya, permintaan untuk membuat roti kering akan terus meningkat.

2. Katering 

Salah satu peluang usaha dibidang kuliner dengan modal kecil dan bisa dijalankan di rumah adalah bisnis katering. Saat ini bisnis kuliner katering terbilang menjanjikan dan sedang ramai diincar. Karena memang kesibukan orang-orang saat ini banyak menyitawaktu mereka. Kadang untuk acara-acara penting mereka tidak sempat menyajikan hidangan makanan untuk para tamu undangan.  

Usaha katering memang bukan lah satu usaha yang baru. Karena sudah sejak lama orang-orang menggunakan jasa katering untuk acara mereka. Namun di zaman modern ini, lebih banyak lagi permintaan jasa katering dibandingkan tahun-tahun yang lalu. Seperti menikah, tunangan, sunatan, mereka lebih memilih jasa katering untuk di andalkan dari pada harus belanja dan memasak sendiri. 

3. Membuka Warung Makan 

Salah satu bisnis kuliner yang bisa anda coba adalah dengan membuka warung makan. Mungkin dengan modal yang pas-pasan anda bisa membuka warung makan yang sederhana. Lambat laun saat usaha anda berkembang anda bisa menambahkan sedikit demi sedikit menjadi warung makan anda lebih terkesan rapi dan mewah.

Sebenarnya peluang usaha di bidang kuliner dengan membuka warung makan akan berhasil dan sukses yang menjadi syarat utama adalah rasa dan hidangan yang disuguhkan. Sehingga untuk anda yang ingin memulai usaha kuliner, anda terlebih dahulu utamakan rasa dan kebersihan. Saat warung makan menghidangkan makanan yang bersih dan lezat maka tentu saja akan ramai dengan pembeli.

Warung makan saat ini menjadi peluang bisnisyang cukup diperhitungkan. Karena tidak sedikit ibu rumah tangga yang memilih menjadi wanita karier. Maka kesibukan mereka yang membuat saat ini banyak rumah tangga yang dapurnya tidak ngebul sendiri melainkan beli makanan siap saji di warung-warung yang menyediakan makanan.

4. Usaha Jajanan Zaman Dulu 

Banyak yang merindukan jajanan-jajanan zaman dahulu. Walaupun saat ini era modernisasi sudah semakin membabi buta, namun ternyata tidak mematikan kenangan-kenangan akan jajanan masa kecil yang dulu sering kita beli.

Apabila kita jeli bisa menjadikan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang di rasa sangat menjanjikan. Ada banyak kalangan masyarakat yang sangat merindukan menikmati jajanan saat mereka masih duduk di bangku sekolah. Jenis jajanan zaman dulu yang masih ramai di buru adalah telur gulung (roti yang digoreng dan digulung-gulung menggunakan stik dari bambu),

Cilok (jajanan yang dibuat dari tepung singkong atau lebih dikenal dengan aci di sajikan bersama saus atau sambal kacang), mie stik atau mie lidi (mi kering yang dicampur bumbu pedas yang bentuknya panjang-panjang), piring terbang (jenis kerupuk berbentuk bulat rasanya manis, biasanya berwarna cerah), rambut nenek (makanan olahan arum manis yang bentuknya tipis-tipis seperti rambut), es potong, es lilin dan masih banyak lagi jajanan zaman dulu yang bisa anda coba. 

5. Makanan Daerah Asal 

Peluang di bidang kuliner yang juga bisa menjadi alternatif bisnis anda adalah dengan membuat makanan dari asal daerah anda. Misalkan anda adalah warga pendatang atau perantauan maka anda bisa membuka warung makan atau lapak kuliner yang menyajikan makanan khas dari daerah asal anda.

Tentu saja anda sudah menguasai resep rahasia untuk membuat makanan khas tersebut. Tidak usah khawatir makanan tersebut tidak diterima oleh masyarakat kuar daerah anda. Anda bisa melihat bagaimana pempek Palembang sukses terjual di luar daerah asalnya. Apabila anda mempunyai etos kerja yang gigih bukan tidak mungkin makanan khas daerah anda bisa booming seperti pempek yang mampu menembus pasar internasional. 

6. Jajanan Tradisional

Anda juga bisa  mencoba peruntungan dengan menjual makanan atau jajanan tradisional. Peluang kuliner dengan membuat jajanan dan makanan tradisional dinilai mempunyai prospek yang baik. Mengingat banyaknya masyarakat yang masih mencari-cari menu tradisional.

Jajanan dan makanan tradisional ini umumnya adalah makanan yang biasa disuguhkan di kampung halaman, seperti pecel yaitu kudapan lezat yang merupakan sayuran lengkap disiram bumbu kacang yang lezat, jajanan serabi yang khas sekali dengan kota solo, gudeg makanan serba manis dari kota pelajar Jogja, sagon semacam olahan jajanan dari tepung ketan dan masih banyak lagi. 

Apabila anda tinggal di kota, anda bisa memanfaatkan peluang emas ini. Mengingat di kota susah sekali ditemukan makanan-makanan tradisional. Apalagi kalau anda membuka kedainya diberikan etnis tertentu misalkan tema makanan jawa maka kedai dibuat nuansa jawa yang kental pasti akan banyak pengunjung yang datang, nongkrong dan menikmati kudapan yang sudah disediakan.

7. Makanan Unik dan Anti Mainstreem

Peluang di bidang kuliner lainnya yang tidak kalah ramai adalah olahan makanan yang merupakan olahan unik dan anti mainstreem. Membuat olahan yang menarik perhatian para pencinta kuliner karena unik, identik dan beda dari yang lain.

Pada dasarnya makanan yang diolah itu sama, menu dengan bahan baku yang sama, namun ada tambahan toping maupun kombinasi atau campuran-campuran unik yang membedakan makanan ini dengan makanan yang lainnya.

Misalkan olahan ramen, yang biasanya ramen hanya memiliki satu warna buatlah ramen dengan olahan yang berwarna, dari minuman bisa dengan mencoba membuat minuman dengan varian baru, misalkan mix minuman jus buah semangka di kombinasi dengan buah alpukat atau lainnya bahkan bisa juga teh atau kopi dengan tambahan keju.

Mungkin akan terlihat gila namun apabila anda berani, maka bukan berarti usaha anda sia-sia. Selalu berinovasi menciptakan makanan dan minuman yang anti mainstreem tentunya akan menarik perhatian pencinta kuliner untuk mencoba menu di kedai yang anda buka. 

Di dalam menjalankan sebuah usaha pastinya anda akan menemui berbagai macam permasalahan, dari pemasaran yang tidak maksimal, berimbas ke pembeli yang sampai, sampai dengan permasalahan karena pesaing yang ketat. Namun, semua itu adalah hal yang wajar apabila anda terjun di dunia bisnis. 

Kunci utama sukses dalam bisnis adalah anda mampu memaksimalkan peluang yang ada. Untuk anda pemula yang mulai bisnis, ada beberapa tips sukses bisnis kuliner, agar bisnis kuliner anda tetapberdiri meski akan banyak permasalahan yang menghadang.  

Bisnis kuliner memang tidak ada mati dan surutnya, omset puluhan sampai ratusan juta pun bisa anda dapatkan. Namun semua kesuksesan itu tidak didapatkan secara instan, butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah. Bukan hanya bisnis kuliner, semua bisnis mempunyai peluang yang sana namun juga permasalahan yang sama. Siapa yang gigih dia bisa bertahan dan sukses namun saat anda putus asa maka dengan mudah usaha yang dibangun akan hancur.  

Banyak contoh kuliner yang ramai secara musiman. Mereka padat dan digemari kesana kesini hanya dalam hitungan bulan, selanjutnya sepi dan lambat laun akan tutup. Kalau kita tidak bisa berinovasi maka kita akan sulit mengembangkan bisnis kuliner yang kita miliki. Karena kompetisi bisa jadi pemicu buat kita namun juga bisa menjadi bumerang untuk kita.

Berikut Tips-Tips Bisnis Kuliner yang Wajib Anda Coba  

1. Pemilihan Lokasi

Walaupun kita mempunyai peluang yang besar, apabila tidak diimbangi dengan lokasi yang strategis dan sesuai maka usaha kita tidak akan berjalan lancar. Misalkan kita membuka warung makan, namun di tempat yang sepi dan jarang di lalui oleh orang maka sudah jelas warung kita juga tidak akan ramai pembeli.

Pemilihan lokasi menjadi hal yang sangat penting. Karena yang kita jual adalah makanan maka sebaiknya pemilihan tempat disesuaikan dengan jenis makanan yang kita jual. Sebenarnya buka kedai di rumah juga bisa namun lihat situasi rumah kita berada di daerah apa, ramai dengan warga atau tidak. 

2. Manajemen Keuangan 

Seperti kita ketahui, bahan dasar makanan dan minuman kita dapatkan dari pasar yang harganya selali berubah-ubah dari waktu ke waktu. Pasar mempunyai harga yang fluktuatif yang artinya bisa sangat murah namun tiba-tiba juga bisa sangat mahal karena barang yang langka.

Maka anda harus jeli, bisa menganalisis kapan anda harus menyimpan barang dengan jumlah banyak dan kapan pula anda harus mencari alternatif bahan baku lain saat bahan baku utama sulit untuk di dapatkan. 

3. Hindari Peran Ganda  

Mungkin untuk memulai bisnis baru peran ganda bisa dilakukan. Namun sebaiknya hindari hal ini. Misalkan anda sebagai owner, maka usahakan anda sebagai kokinya namun untuk manajemen keuangan seperti belanja dan sebagainya serahkanke orang yang anda percaya.

Karena saat usaha anda mulai ramai, anda akan merasa kesulitan memenej waktu kalau semua urusan bisnis anda pegang sendiri. Atau anda bisa mencari pegawai atau karyawan yang bisa membantu anda jadi anda tetap bisa memenej keuangan sendiri namun pelayanan terhadap pelanggan tetap maksimal. 

4. Pemasaran

Walaupun peluang emas sudah di depan mata apabila anda tidak bisa memasarkan produk yang anda jual maka semua akan sia-sia. Peluang bisa menjadi uang saat anda mampu membacanya dan menerapkan strategi yang pas untuk memenangkannya.

Pemasaran sangat lah penting dalam dunia penjualan. Saking ketatnya persaingan jangan berpikir rezeki itu akan datang sendiri. Anda yang harus menjemput rezeki tersebut.  Walaupun olahan makanan dan minuman anda lezat apabila anda tidak bisa memasarkannya maka  peluang yang anda miliki akan sia-sia. 

Zaman sekarang pemasaran yang paling jitu adalah melalui media sosial dengan menggunakan kekuatan internet.Seperti kita ketahui, internet saat ini merajalela. Hampir semua elemen masyarakat menggunakan internet sebagai kebutuhan mereka setiap harinya.

Anda bisa memasarkan produk kuliner jualan anda melalui internet. Dengan membuat website, akun media sosial atau bisa juga dengan memasang iklan di blog orang lain. Untuk yang sederhana dan murah si bisa dengan membuat akun media sosial. Dan selanjutnya anda bisa meminta testimoni dari pembeli anda lalu memamerkannya di akun sosial media produk yang and jual. Dengan begitu anda sudah bisa menerapkan marketing dan akan banyak pembeli baru yang datang. 

Peluang usaha apabila bisa di maksimalkan akan menjadi ladang uang. Yang terpenting adalah gigih dan berani mengambil risiko serta tidak mudah putus asa. Apabila anda mudah menyerah maka di dunia bisnis anda akan cepat kalah dan usaha anda akan dengan mudah mengalami kegagalan. 

Itulah ulasan mengenai Peluang Bisnis Kuliner / Makanan yang Laris dan Menguntungkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa berbagi, like, dan ajak teman lain membaca di blog ini. Semoga sukses dengan bisnis Anda.