Peluang Usaha untuk Anak Muda dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha untuk Anak Muda dengan Modal Kecil yang Menguntungkan -- Ide Bisnis Anak Muda Dengan Modal Kecil, Usaha-Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru dengan Modal Kecil, Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan Keuntungan, Usaha Anak Muda dengan Modal Kecil, Contoh Usaha Anak Muda yang Menguntungkan, Contoh Usaha Anak Muda Modal Kecil Untung Besar, Ragam Usaha Sukses Yang Dijalankan Anak Muda, Peluang Bisnis yang Trend Buat Anak Muda.


Usaha untuk anak muda dengan modal kecil yang menguntungkan semakin banyak seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih. Terbukti karena beberapa tahun belakangan bisnis atau usaha di bidang teknologi, khususnya aplikasi smartphone menjadi merajalela dan sukses besar. Pemiliknya siapa lagi kalau bukan anak muda.

Akan tetapi, nyatanya tidak semua anak muda berani mengambil risiko untuk memulai bisnis. Terlebih, sebagian dari mereka masih berpikir bahwa untuk memulai suatu usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, kenyataannya adalah tidak seperti itu. Banyak anak muda yang memulai bisnis dengan mengandalkan kreativitas meski tidak memiliki modal yang cukup.

Sebaliknya, banyak juga yang justru memiliki modal yang besar dan sangat mencukupi untuk menghidupi bisnisnya malah tidak dapat memanfaatkan peluang dengan baik. Intinya adalah, dalam memulai suatu bisnis tidak peduli seberapa besar modal yang Anda miliki, yang terpenting adalah seberapa keras kemauan dan kreativitas Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Bisnis rumahan merupakan salah satu contoh alternatif untuk Anda yang tidak memiliki modal banyak. Namun, jangan salah dan memandang sebelah mata karena meski dimulai dengan modal yang kecil tetapi bila dikerjakan dengan sungguh – sungguh sambil terus melakukan inovasi, tidak menutup kemungkinan bisnis rumahan akan menjadi sangat menguntungkan.

Bisnis rumahan juga memberikan Anda kebebasan dalam mengatur waktu agar lebih fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan jam kuliah Anda. Ingat, tugas utama Anda sebagai anak muda adalah belajar. Jadi, jangan sampai kegiatan untuk memulai bisnis ini menjadi alasan prestasi Anda di bidang akademik justru malah semakin menurun dari semester ke semester.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, bisnis di bidang teknologi juga seolah tidak kalah menarik dan terkesan keren di kalangan anak muda, khususnya pada beberapa tahun belakangan ini. Lantas, apa saja contoh – contoh bisnis rumahan dan bisnis di bidang teknologi dan kreativitas? Simak pembahasan selengkapnya pada sub judul berikut di bawah ini.

Peluang Usaha-Bisnis Rumahan untuk Anda Muda

1. Jual Minuman Dingin Kekinian

Perhatikanlah gaya hidup anak muda di zaman sekarang. Pergi ke mall? Nonton di cinema? Makan di restoran mahal? Ya, kehidupan pergaulan anak muda sekarang ini seolah tidak jauh dari hal – hal tersebut. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa anak muda sangat mudah untuk dipengaruhi jajanan yang sedang naik daun atau istilahnya sedang trend.

Salah satu jajanan yang seolah tidak pernah ada matinya karena banyak disukai anak muda adalah minuman dingin. Entah itu Thai Tea, Float, Milkshake, atau jenis minuman dingin lainnya yang manis, dingin, dan nikmat pasti selalu penuh dengan pembeli usia remaja. Iklim tropis di Indonesia juga menambah alasan untuk membeli minuman dingin ini.

Namun, bukan berarti Anda harus membuka gerai minuman dingin di mall yang membutuhkan modal besar untuk membayar biaya sewa setiap bulannya. Anda tetap bisa membuka kedai kecil di rumah Anda untuk membuat bisnis minuman dingin ini menjadi jauh lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda berjualan di mall.

Penting untuk diperhatikan, selain menyiapkan tempat usaha, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha minuman dingin ini. Pertama adalah menentukan jenis minuman dingin yang akan dijual. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jenis minuman dingin ada banyak sekali, mulai dari Milkshake, Float, Thai Tea, Ice Blend, dan sebagainya.

Lakukan riset terlebih dahulu jenis minuman dingin apa yang paling disukai oleh target konsumen di sekitar rumah Anda dan tentunya yang membutuhkan modal paling sedikit. Kemudian, Anda juga perlu menyiapkan modal untuk membeli bahan baku minuman serta peralatan yang dibutuhkan, booth dengan inovasi yang unik misalnya.

Inovasi juga dibutuhkan dalam membuat nama menu yang menarik sebagai salah satu upaya promosi di kalangan anak muda. Selain itu, promosi juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan social media mengingat hampir semua anak muda saat ini tidak bisa lepas dari kehidupan dunia mayanya.

2. Membuka Kedai Sarapan Pagi

Apabila lingkungan rumah Anda penuh dengan orang yang sibuk di kantor, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka kedai sarapan pagi. Kebanyakan orang kantor, termasuk wanita karir tidak memiliki waktu banyak untuk memasak, tidak terkecuali dalam membuat sarapan untuk keluarganya.

Karena sarapan adalah sesuatu yang penting, khususnya bagi para penderita maag, kedai sarapan pagi ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan bagi Anda. Menu sarapan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan di lingkungan perumahan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil terlebih dahulu.

Beberapa menu sarapan pagi yang bisa mengisi kedai Anda misalnya nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, sup, aneka kue basah, roti panggang, gorengan, pudding dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan menu minuman pendamping sarapan yang tidak kalah lezat seperti susu atau kopi.

Selain menguntungkan, dengan membuka bisnis kedai sarapan pagi ini juga dapat membantu orang banyak untuk mendapatkan asupan yang bergizi di pagi hari. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal sembarang menyajikan menu sarapan yang akan dijual karena perlu memperhatikan beberapa aspek penting, khususnya bagi kesehatan.

Salah satunya yang paling sederhana adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Ingatlah bahwa makanan yang Anda jual itu akan masuk ke dalam perut orang lain. Anda tentu akan bertanggung jawab bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena menu sarapan pagi Anda tidak memperhatikan aspek kebersihan dan terkesan asal dalam pembuatannya.

Aspek rasa juga tidak kalah penting. Meski Anda memiliki banyak pilihan menu untuk disajikan, jika rasanya tidak enak tentu konsumen tidak akan betah dan memilih untuk sarapan di tempat lain meski dengan harga yang lebih mahal. Jadi, alangkah baiknya bila Anda juga melakukan uji coba terhadap menu yang akan dijual sampai dalam level enak.

3. Usaha Catering

Memulai usaha catering juga tidak kalah menarik. Sama seperti latar belakang sebelumnya, mengingat banyaknya pekerja kantoran yang sibuk sehingga tidak punya waktu lebih untuk memasak dan memilih makanan yang praktis sebagai menu sarapan atau makan siang sehari – hari. Namun, permasalahannya adalah, apakah itu sehat?

Bisa saja mereka tidak memiliki pilihan sehingga setiap hari harus menghabiskan waktu makan siang di restoran cepat saji yang jika dilihat dari segi kesehatan tidak memiliki dampak yang bagus untuk tubuh dalam jangka panjang. Nah, jika Anda dapat melihat peluang tersebut, Anda bisa saja menawarkan catering yang praktis dan sehat.

Persiapannya juga tidak jauh berbeda dengan memulai bisnis kedai sarapan pagi. Hanya saja, bila diperuntukkan sebagai menu makan siang, tentu Anda perlu mempersiapkan website sebagai wadah bagi para pelanggan untuk melakukan pemesanan minimal 1 hari sebelumnya sehingga menunya bisa disesuaikan dengan keinginan masing – masing.

Manfaatkan website juga untuk menyimpan database pelanggan untuk kebutuhan promosi. Anda juga perlu mendesain website sedemikian rupa agar terlihat menarik dan meyakinkan pelanggan bahwa catering Anda bukanlah sembarangan catering melainkan catering yang menawarkan menu sehat dalam kemasan yang praktis.

Selain ketiga peluang bisnis rumahan tersebut, anak muda juga dapat memulai bisnis di bidang teknologi yang dipandang lebih keren. Apalagi setelah terbukti bahwa kebanyakan anak muda yang sukses dengan bisnisnya, yaitu yang memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Penasaran? Berikut daftar contoh bisnis anak muda di bidang teknologi.

Ragam Peluang Usaha-Bisnis Anak Muda di Bidang Teknologi

1. Blogger

Blogging bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bisnis anak muda yang memiliki ketertarikan dalam bidang penulisan, niche dan memiliki ketekunan yang tinggi. Mungkin beberapa dari Anda yang memang asing dalam dunia blogging justru mempertanyakan kesuksesan untuk memulai bisnis di bidang ini dan jawabannya tentu saja bisa!

Jangan pernah menganggap remeh atau memandang sebelah mata para blogger karena mereka yang telah sukses membangun blog yang populer secara otomatis akan mendapatkan dua modal paling utama yang dapat menghasilkan uang secara mudah melalui internet, yaitu following dan awareness dari para pembaca setianya.

Sebenarnya keuntungan yang didapat oleh para blogger sukses tidak jauh berbeda dengan mereka yang sukses membangun karir sebagai influencer di social media seperti Instagram yang seringkali diendorse oleh banyak pelaku bisnis karena memiliki jumlah followers yang banyak sehingga dapat meraih awareness dengan mudahnya.

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak blogger sukses yang usianya rata – rata masih terbilang muda. Kuncinya adalah mencari tahu tema apa yang populer sehingga bisa menarik banyak pembaca dan tekun untuk membuat konten – konten yang menarik setiap harinya. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menguntungkan bukan?

2. Membuka Jasa Web Designer

Apabila Anda memang seorang ahli di bidang teknologi, tidak ada salahnya menawarkan jasa sebagai seorang web designer. Sebenarnya, point ini berhubungan dengan daftar bisnis rumahan sebelumnya, yaitu bisnis catering sehat. Karena selain bisnis catering, hampir setiap pelaku bisnis di zaman sekarang seolah dituntut untuk memiliki web perusahaan.

Jika Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan baik, bayangkan betapa menjanjikannya profesi seorang web designer. Tidak hanya bisnis, bahkan tokoh masyarakat atau institusi tertentu juga membutuhkan website sebagai upaya pendekatan terhadap para penggemar atau member di dalamnya.

Anda yang ingin terjun ke dalam bisnis ini harus memperhatikan bagaimana caranya membuat desain website yang tidak hanya bagus, tapi juga menarik sehingga dapat membangun brand yang baik. Di samping itu, fitur – fitur andalan dalam suatu website juga dapat menjadi daya tawar atau nilai jual Anda sebagai penyedia jasa.

Seorang web designer sehari – harinya akan berkutat dengan ide – ide untuk menghasilkan design website yang tidak hanya bagus, tetapi juga fungsional dan mampu memberikan kesan yang sesuai dengan karakteristik dari suatu merek atau keinginan para klien yang terkadang cukup membuat pusing kepala.

Meski begitu, bisnis ini memiliki kelebihan yang dapat menguntungkan Anda, yaitu dengan memanfaatkan online freelance market yang bisa mempertemukan Anda dengan klien dari manapun dan kapanpun. Beberapa contoh freelance market yang terkenal antara lainadalah upwork, sribulancer, freelancer.com, serta fiverr.

3. Membuka Bisnis Online Course

Membuka bisnis online course cocok untuk Anda yang memiliki kelebihan di bidang akademis sekaligus keterampilan dalam mengajar. Setiap tahunnya, ribuan pelajar akan menghadapi Ujian Nasional, ditambah para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sekaligus wajib mempersiapkan diri dalam menaklukan ujian SBMPTN.

Para pelajar ini biasanya akan memperbanyak belajar dengan membiasakan diri mengerjakan latihan – latihan soal yang diprediksi akan keluar pada ujian nantinya. Masalahnya, tidak semua tipe soal termasuk ke dalam kategori yang mudah. Apabila menemukan soal yang sulit, mereka harus memutar otak untuk menemukan jawabannya.

Anda yang memiliki kelebihan berupa skill mengajar dan juga kepintaran di bidang akademis dapat memanfaatkan hal ini dengan membuka bisnis online course. Mengapa harus online? Jika Anda hanya membuka kursus konvensional, besar kemungkinan Anda akan kalah saing dengan para pelaku sebelumnya yang telah bermain lebih awal.

Justru dengan menyajikan pelajaran dan pembahasan soal secara online akan jauh lebih menarik dan mendapat banyak pelanggan. Ingat, bahwa bisnis Anda akan berkutat di dunia anak muda dan hampir semua anak muda sekarang ini senang menghabiskan waktu di dunia maya dibandingkan dengan di dunia asli atau nyata.

Selain bisa mendapatkan perhatian lebih di kalangan anak muda yang sekaligus sebagai target konsumen bisnis Anda, waktu belajar di online course juga lebih fleksibel karena dapat menyesuaikan waktu yang diinginkan oleh para pelanggan untuk belajar dan menemukan solusi dari soal – soal yang sulit ditaklukkan.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai bisnis online course ini adalah dengan membuat materi pelajaran yang dikemas dalam video pengenalan konsep, penjelasan langkah demi langkah dalam menjawab soal, contoh – contoh yang disertai dengan ilustrasi menarik, serta tentunya studi kasus dan latihan soal itu sendiri.

Kelebihan dari bisnis ini adalah Anda hanya perlu untuk melakukan sebagian pekerjaan besar tersebut di awal saja. Setelahnya, online course ini bisa dijual dan Anda dapat lebih fokus dalam mempertimbangkan strategi marketing yang tepat untuk bisa memasarkan online course yang Anda bangun dengan baik.

Karena berhubungan dan target marketnya adalah anak muda itu sendiri, tentunya pemasaran produk jasa ini tidak jauh – jauh dari promosi yang dilakukan secara online, salah satunya dalah di media sosial, seperti Facebook Ads, Youtube, LINE, atau bahkan Anda bisa mengemasnya dalam aplikasi tersendiri yang bisa diunduh di Google Aps.

Dengan demikian, apabila online course yang Anda bangun ini telah memiliki jumlah murid yang banyak, Anda bisa mendapatkan passive income dan cukup fokus dalam melakukan inovasi atau pengembangan terhadap bisnis online course ini. Pekerjaan yang menyenangkan dan juga menarik untuk dijalani bukan?

Salah satu pengembangan yang dapat Anda lakukan terhadap bisnis ini adalah dengan memperbaharui studi kasus atau soal – soal latihan mengingat setiap tahunnya juga pemerintah dan institusi akan memperbaharui soal – soal yang akan keluar dalam ujian. 

Selain itu, Anda juga perlu mengembangkan cara menyelesaikan soal dengan mudah.

Tantangannya adalah, bagaimana murid – murid tersebut dapat memahami konsepnya dengan baik dan dapat menaklukkan soal ujian dengan solusi yang praktis dan mudah. Tentunya ada seni tersendiri untuk bisa mendapatkan hal seperti itu dan lagi – lagi diperlukan ketekunan dan kesungguhan di dalamnya.

Demikian ragam contoh Peluang Usaha untuk Anak Muda dengan Modal Kecil yang Menguntungkan. Semoga bermanfaat.!