Peluang Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel), Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya

Peluang Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel), Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya -- Rincian Modal Usaha Bimbingan Belajar dan Keuntungannya, Peluang dan Analisa Usaha Bimbingan Belajar yang Menguntungkan, Rincian Modal Usaha Bimbingan Belajar dan Keuntungannya, Peluang Bisnis dan Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar, Analisa Modal dan Keuntungan Bisnis Les Private / Bimbel


Siapa yang menyangka jika mendirikan bimbingan belajar atau bimbel bisa menjadi sebuah kesempatan usaha yang menjanjikan? Peluang mengembangkan bisnis bimbingan belajar memang menguntungkan sebab tempat belajar semacam ini akan selalu diperlukan selama masih banyak anak yang membutuhkan bimbingan dalam studi, terlebih ketika akan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Terkadang para orang tua merasa sibuk untuk mengurusi pekerjaan masing-masing sampai mereka tidak dapat membimbing anaknya di dalam hal pembelajaran. Oleh karena itu peluang menguntungkan untuk membuka bisnis bimbingan belajar ini sangatlah tepat untuk anda yang berada di lingkungan pendidikan.

Informasi mengenai cara untuk membuka usaha ini dengan modal yang bisa dikatakan tidak banyak untuk memulai suatu peluang. Jika anda adalah orang yang pintar dan paham mengenai pelajaran, serta memiliki lingkungan yang mendukung untuk memulai bisnis bimbel ini, tentu saja Anda tidak boleh menyia-nyiakannya.

A. Peluang Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel), Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya

Usaha bimbingan belajar ini bisa Anda buka di berbagai tempat seperti menyewa ruko atau rumah dan bahkan Anda bisa membuka bimbel di rumah Anda sendiri tanpa perlu membuka atau membangun lagi bangunan untuk dijadikan sebagai tempat bimbingan belajar Anda nantinya.

Memang banyak tempat bimbel besar dengan bangunan yang telah ada di tiap-tiap kota dan sudah terkenal. Namun, peluang usaha bimbel rumahan juga berpotensi besar bagi Anda yang memiliki ruangan yang nyaman untuk dijadikan rumah belajar.

Untuk dapat mempersiapkan tempat bimbingan belajar ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan segalanya mulai dari nol karena Anda hanya perlu untuk mempersiapkan modal awalnya saja dan selanjutnya hanya perlu konsisten untuk melanjutkannya dan kesungguhan dalam menjalankannya.

B. Persiapan Pendirian Usaha Bimbingan Belajar dan Analisa Modal

Tentu saja yang pertama persiapan mengenai bagaimana cara untuk membuka sebuah usaha bimbel,  apa saja yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha bimbingan belajar adalah sebagai berikut :

1. Pengalaman Mengajar

Jika anda memiliki pengalaman bisnis sebagai guru atau pun juga memiliki pengalaman di dalam mengajar itu sangat bagus sekali. Namun jika tidak atau belum pernah mengajar, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mempelajari dan mendapatkan segala materi dan cara mengajar dari teman-teman Anda, buku ataupun juga internet.

2. Ilmu Penguasaan Materi

Ilmu merupakan hal kedua yang harus Anda persiapkan karena dengan ilmu inilah Anda nantinya bisa menjadi peluang menguntungkan dan memberi tahu dengan benar mengenai materi atau soal yang tidak diketahui oleh murid bimbel Anda nantinya.

Namun terkadang meskipun anda memiliki ilmu yang banyak serta peluang bisnis menguntungkan, Anda juga bisa memahami segala jenis pelajaran, akan ada waktu sulit dimana Anda tidak bisa mengaplikasikan pelajaran atau ilmu yang Anda punyai terhadap orang lain atau murid bimbel anda.

Oleh karenanya yang harus anda lakukan sebagai persiapan diri adalah Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mendekati anak-anak dan bagaimana untuk mengajari dan menyampaikan ilmu yang tepat kepada anak-anak, supaya mereka dapat dengan mudah memahami dan akhirnya bisa menyelesaikan soal yang sulit  yang sebelumnya tidak mereka mengerti.

Ada baiknya jika Anda juga bisa memberikan mereka motivasi dan Anda juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan mereka supaya mereka bisa paham bisnis dengan betul dan akhirnya nyaman untuk belajar di tempat bimbel anda. Tak hanya itu saja, Anda juga harus percaya diri dan tidak perlu takut saat mengajar  supaya ilmu yang Anda berikan juga lebih mudah untuk dipahami.

3. Fasilitas

Untuk membuka bimbel rumahan, Anda harus mempersiapkan ruangan khusus untuk berlangsungnya bimbel  Anda. Tempat yang Anda pilih haruslah nyaman saat digunakan untuk belajar dan usahakan supaya tempat tersebut tidak terlalu berisik sehingga anak-anak yang belajar di ruangan tersebut bisa dengan mudah berkonsentrasi  dan mereka juga akan lebih paham mengenai ilmu yang Anda berikan.

Selanjutnya, fasilitas yang harus disiapkan di antaranya yaitu : kursi, meja, papan tulis, spidol, buku-buku pelajaran dan kertas. Apabila desain ruangan yang Anda buat adalah siswa duduk lesehan, maka Anda perlu menyiapkan bangku panjang dan karpet. Jika ada dan dibutuhkan, Anda juga bisa menambahkan fasilitas seperti kipas angin atau AC dan juga proyektor.

4. Persiapan Kurikulum yang Mendukung

Setiap tahun mungkin kurikulum bisa berubah, oleh karenanya Anda perlu mempersiapkan kurikulum pendukung sebagai bahan mengajar Anda kepada anak-anak nanti.

5. SDM (Sumber Daya Manusia) / Tenaga Pengajar

Usaha bimbel rumahan selain menguntungkan, Anda juga bisa membuka peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain. Anda bisa merekrut tenaga pengajar yang mampu dalam bidangnya. Hal ini perlu untuk menunjang kemajuan bisnis Anda, karena dengan tenaga pengajar yang ahli, bimbel Anda semakin menarik. Tentunya juga meringankan pekerjaan Anda. 

6. Motivasi Diri

Untuk memulai sebuah usaha menguntungkan tentunya Anda memerlukan motivasi yang tinggi. Untuk terus memupuk dan membangun motivasi diri, ada baiknya Anda megikuti perkumpulan para pengusaha, mengikuti training-training motivasi bisnis, rajin membaca  buku atau artikel mengenai motivasi dan kisah orang-orang sukses.

C. Pelaksanaan Promosi Pada Peluang Usaha Bimbingan Belajar dan Analisa Modal

Kegiatan mempromosikan usaha adalah salah satu hal penting dalam menjalankan suatu usaha. Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan :

1. Membagikan Brosur di Sekolah

Membagikan brosur merupakan strategi promosi bisnis dan pemasaran mengenai bimbingan belajar Anda ke sekolah-sekolah di sekitar Anda, Anda dapat bekerja sama dengan sekolah tersebut atau juga langsung mempromosikan bimbingan belajar anda dengan cara membagikan brosur kepada para siswa di sekolah tersebut saat mereka pulang sekolah dan berhamburan di pintu gerbang keluar.

2. Promosi Pada Masyarakat Sekitar

Selain di sekolah, Anda juga harus mempromosikan bimbingan belajar Anda pada masyarakat sekitar karena usaha Anda merupakan usaha menguntungkan rumahan di rumah Anda sendiri. Harapannya, akan banyak orang-orang sekitar yang mau memasukkan anak mereka ke tempat bimbel Anda.

Strategi lainnya, Anda bisa menawarkan harga khusus untuk anak-anak yang kurang mampu sehingga pastinya mereka akan tertarik untuk masuk ke tempat bimbingan belajar anda.

3. Promosi Online

Promosi melalui media online juga diperlukan di zaman canggih seperti saat ini. Anda dapat mempromosikan suatu usaha bimbingan belajar melalui media sosial yang Anda miliki. Media sosial sekarang banyak sekali dimanfaatkan untuk bidang promosi, sehingga ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang ingin mengikuti bimbel yang Anda rintis.

D. Hambatan

Adanya peluang usaha yang menguntungkan pasti juga ada hambatan tersendiri. Berikut ini merupakan beberapa hambatan yang akan anda hadapi untuk tempat bimbingan belajar anda yang perlu diantisipasi sebelum anda memulai bisnis ini yaitu tidak adanya anak-anak atau murid yang datang untuk mendaftarkan diri.

Rasa malas serta bosan di dalam pembelajaran yang Anda lakukan terhadap para siswa yang ada di tempat bimbingan belajar anda. Serta untuk anda para ibu rumah tangga mungkin akan bentrok jadwalnya dengan kegiatan bisnis rumah tangga anda apalagi saat tempat belajar anda makin banyak diminati oleh para siswa dan anak-anak yang ingin mendaftar.

E. Analisis Usaha 

1. Modal awal

Kursi
15 x @Rp 250.000 = Rp 3.750.000 (ini hanya perkiraan kami saja karena harga kursi dibeda tempat mungkin berbeda)

Papan tulis = Rp   750.000

Peralatan operasional:
a. Spidol 5 x @Rp 20.000  Rp 100.000
b. Penghapus White Board  Rp   10.000
c. Buku-buku pelajaran       Rp 250.000
———————————————————
Jumlah Seluruh  Rp. 4. 860.000,00

Perhitungan laba atau rugi per bulannya :
Pendapatan : Iuran 15 anak x @150.000 = Rp. 2.250.000,00 (dengan perkiraan biaya Rp. 150.000 / orang untuk 8 kali pertemuan)

Biaya pengeluaran Anda perbulannya untuk usaha ini:
Listrik                       Rp 150.000
Fotokopi kertas       Rp 100.000
Biaya Perlengkapan  Rp 360.000
Biaya tak terduga      Rp 150.000
—————————————————————–
Jumlah Rp. 760.000,00

Jika ditotalkan semuanya maka laba atau rugi bersih adalah
Pendapatan (2.250.000) – Biaya pengeluaran (760.000) =Rp. 1.490.000,00

Analisis usaha yang telah dijabarkan di atas tadi berdasarkan jika Anda membuka bimbingan belajar  di rumah Anda sendiri yang artinya Anda tidak perlu menyewa tempat yang tentu saja memerlukan biaya lebih. Namun Apabila rumah Anda tidak memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat bimbel.  Anda bisa menyewa tempat yang strategis dan ideal.

Analisis biaya di atas juga belum termasuk gaji guru apabila Anda memiliki tenaga pengajar selain diri Anda sendiri. Anda bisa menggunakan konsep bagi hasil dengan pegawai Anda. Tenaga pengajar bimbel biasanya digaji per pertemuan. Untuk besaran gajinya bisa Anda sesuaikan dan sepakati sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan sebagai pemilik usaha bimbel.

Usaha bimbingan belajar Anda seperti halnya tempat yang dekat dengan sekolah atau banyak dilewati oleh angkutan umum, Anda dapat memasukkan biaya penyewaan tadi pada biaya pengeluaran dan menghitung biaya total / modal yang Anda butuhkan serta Anda juga perlu mempertimbangkan lagi untuk harga yang Anda patok tiap bulannya kepada anak didik anda supaya anda tidak rugi.

2. Lakukanlah Survey

Jika setelah Anda membaca analisis peluang mengenai tempat bimbingan belajar ini dan Anda tertarik untuk membuka usaha bimbingan belajar, maka ada beberapa tips yang harus Anda baca di bawah ini supaya  bisa dengan lancar memulai usaha bimbingan belajar Anda.

Lihatlah tempat bimbingan belajar yang lain agar Anda bisa mengetahui peluang dan kelemahan yang dimiliki oleh tempat bimbingan lain, serta keunggulannya  yang nantinya dapat Anda tiru dan modifikasi serta tidak melakukan kelemahan yang mereka lakukan. Dengan cara meminta brosur kepada tempat bimbingan tersebut atau bertanya informasinya kepada orang-orang yang sudah pernah  belajar disana.

Anda harus memiliki konsep dan rencana sendiri yang berbeda dari lainnya. Visi dan misi harus jelas sehingga mendapatkan peluang menguntungkan dan menarik perhatian banyak orang. Dan para orang tua tidak segan untuk memasukkan anak mereka ke bimbel Anda, sehingga pikirkan matang-matang untuk kedepannya.

3. Visi Misi

Visi misi bimbel yang akan Anda buka, haruslah jelas sehingga Anda dapat meyakinkan para orang tua bahwa Anda bisa dan mampu untuk mendidik anak mereka sehingga dapat menjadi lebih baik dalam bidang pelajaran. Berbeda jika Anda memulai bisnis menguntungkan dari suatu brand yang telah terkenal. Disini Anda harus memulai dari nol

Termasuk dengan memasarkan jasa serta membuat orang lain percaya dan menjaring konsumen sendiri. Hal itu tentunya harus menjadikan bimbel anda memiliki brand sendiri sehingga tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan cara seperti ini Anda akan dapat menekan modal seminim mungkin dan bila terus menekuni, Anda akan memiliki keuntungan dan tidak kalah menjanjikan dengan bimbingan belajar franchise. Lagi pula, Anda juga dapat menentukan target pasar sendiri dan memberikan kesan yang baik yang akan anda dirikan.

F. Keuntungan dari Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel)

1. Balik Modal Cepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa membuka usaha bimbingan belajar ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun jika sudah berjalan, maka modal bisa kembali dalam waktu yang relatif singkat. Pendapatan juga akan meningkat ketika mendekati musim kenaikan kelas maupun pendaftaran sekolah.

Terlebih jika bimbingan belajar yang Anda dirikan memiliki ciri khas dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bimbingan belajar lainnya, pasti bimbel Anda akan diserbu oleh para calon peserta didik.

2. Usaha Yang Awet

Semua orang, mulai dari usia kanak-kanak hingga dewasa pasti selalu memerlukan pendidikan, terlebih mereka yang duduk di bangku sekolah. Maka dari itu, selama masih ada pendidikan formal dan non-formal, bimbingan belajar akan selalu diperlukan. Keberadaan bimbingan belajar dirasa mampu mengatasi kesulitan belajar siswa.

Bimbingan belajar juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas belajar dan nilai yang akan diperoleh di sekolah. Tips dan trik yang diberikan oleh tenaga pengajar profesional dianggap bisa membuat anak didik lebih memahami materi sehingga lebih bisa mengatasi kesulitan belajar mereka.

3. Jangkauan Pasar yang Luas

Seperti yang sudah dibahas di atas, bimbingan belajar memiliki pangsa pasar yang luas, mulai dari kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Selain pembelajaran formal seperti mata pelajaran sekolah dan juga cara mudah masuk perguruan tinggi, ada pula bimbingan belajar yang memiliki ciri khas tersendiri, misalnya hanya mengajarkan bahasa Inggris, berhitung, membaca maupun alat musik.

Dengan luasnya bidang pembelajaran yang bisa diangkat, maka segmentasi yang akan dijadikan sasaran juga semakin besar. Anda dapat memilih pangsa pasar Anda sendiri dan memperluasnya seiring dengan perkembangan bimbingan belajar Anda.

4. Membantu Kecerdasan Bangsa

Selain membicarakan masalah pendapatan yang menguntungkan dari segi modal, peluang lain yang bisa didapatkan dalam mendirikan usaha bimbingan belajar adalah turut berperan dalam mencerdaskan putra-putri bangsa. Anak didik yang sebelumnya mengalami kesulitan, setelah bergabung dengan bimbingan belajar dapat mengalami peningkatan.

Usaha ini juga membantu para orang tua yang tidak memiliki kemampuan, baik dalam waktu maupun intelegensia untuk membimbing anaknya dalam belajar. Dengan mempercayakan kepada orang yang lebih berpengalaman, maka orang tua akan lebih yakin dan tentunya hasilnya juga akan semakin maksimal.

Mendirikan bimbingan belajar, selain mendatangkan keuntungan, juga memiliki kesulitan tersendiri. Terlebih karena sekarang ini sudah begitu banyak bimbingan belajar yang berdiri. Maka dari itu, jika Anda memiliki keinginan untuk mendirikan bimbingan belajar, Anda harus bisa memiliki keunikan. Selain itu pahami juga kompetitor Anda. Bersaing secara sehat akan membuat atmosfer persaingan menjadi lebih menyenangkan.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuka usaha bimbingan belajar, tidak ada salahnya untuk belajar dari mereka yang sudah lebih dulu sukses dalam bidang ini. Selain itu jangan segan untuk bergabung dengan pelatihan maupun workshop yang kerap diadakan di sekitar Anda.

Itulah Peluang Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel), Beserta Analisa Modal dan Keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.