Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan (Puasa) yang Menguntungkan -- Peluang Bisnis dan Usaha Saat Bulan Ramadhan yang Sangat Menguntungkan, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan, Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Usaha Musiman di Bulan Puasa, Usaha Kecil di Bulan Puasa, Bisnis Menjelang Lebaran Yang Menjanjikan, Jualan Laris Di Bulan Puasa, Makanan yang Laris di Bulan Puasa, Minuman Yang Laris di Bulan Puasa, Jajanan Bulan Puasa Paling Laris.


Seperti yang diketahui jika bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan berkah karena selain puasa, ada berbagai macam amalan yang dapat Anda lakukan misalnya bersedekah, melaksanakan shalat tarawih, shalat witir, dan lain sebagainya. Pada bulan tersebut selain banyaknya pahala yang dapat diperoleh, Anda juga bisa melakukan bisnis atau usaha.

Bulan Ramadhan mempunyai banyak sekali keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Jadi dapat dikatakan seperti kata pepatah yaitu sambil menyelam minum air, atau sambil melakukan ibadah puasa Anda dapat sekalian mencari rezeki yang bisa untuk menambah penghasilan. Kemudian untuk Anda yang mempunyai profesi pegawai negeri maupun karyawan kantor, tidak perlu merasa khawatir karena Anda pun bisa mengikutinya.

Hal ini dikarenakan kebanyakan transaksi jual beli di bulan Ramadhan dilakukan ketika akan memasuki waktu berbuka puasa serta malam hari. Dengan begitu, peluang Anda untuk ikut berpartisipasi membuka usaha pada bulan Ramadhan tidak akanmendapatkan kendala karena pekerjaan yang dimiliki. Selain itu, dalam memulai usaha di Bulan Ramadhan tidak membutuhkan modal yang besar. Berikut ini ada 19 peluang usaha yang bisa Anda lakukan selama Bulan Ramadhan.

19 Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

1. Menjual Pakaian Muslim

Peluang usaha yang menjanjikan untung besar ketika bulan Ramadhan yang pertama adalah dengan menjual pakaian muslim. Mungkin kebanyakan orang akan ramai membelinya ketika menjelang lebaran, tetapi tidak sedikit juga yang sudah mempersiapkannya sejak awal Ramadhan. Untuk jualan pakaian muslim memang membutuhkan modal yang lumayan besar, namun keuntungannya bisa lebih besar dari modal usaha Anda.

Besarnya modal usaha tergantung dari banyaknya pakaian yang akan dijual. Anda bisa menjual busana Muslim atau yang sering disebut dengan baju koko. Baju tersebut akan sangat laku ketika bulan Ramadhan dengan peminat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena banyaknya pembeli dari berbagai kalangan usia, akan lebih baik jika Anda menyetok barang tersebut dengan berbagai macam ukuran yaitu untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Selain baju koko, akan lebih menguntungkan jika Anda juga berjualan gamis yang sekarang ini sudah banyak modelnya. Para kaum hawa tentu tidak akan membeli baju lebaran satu saja melainkan bisa membeli sampai 3 pasang baju atau gamis. Jadi, pastikan Anda selalu menyediakan gamis dengan model terbaru dan mempunyai banyak stok untuk ukuran dan berbagai macam pilihan warna.

Anda juga dapat berjualan jilbab, meskipun pada bulan-bulan biasa jilbab juga dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Namun, ketika bulan Ramadhan permintaan akan jilbab bisa lebih banyak lagi. Jadi apabila pada bulan-bulan biasa penjualan jilbab dapat laris, tentu saja ketika masuk bulan Ramadhan pembeli akan banyak yang membeli jilbab tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan situasi ini degan membuka usaha padabulan Ramadhan yang penuh dengan berkah.

Apabila Anda tidak memiliki tempat berjualan atau kios, maka tidak perlu merasa khawatir sebab Anda tidak diharuskan untuk menyewa sebuah toko karena akan membutuhkan banyak biaya. Jadi, Anda dapat membuka lapak pada tempat yang dianggap strategis serta dilalui oleh banyak orang. Kemudian ada juga peluang usaha dengan menjual peci yang terbilang cukup laris ketika bulan Ramadhan. 

Tidak ada yang salah apabila Anda ingin membuka usaha jualan peci, karena banyak juga ditemukan penjual peci di bulan puasa. Mungkin untuk harga peci yang ada di pasaran antara 10 ribu sampai dengan 100 ribu. Jadi hampir sama seperti baju muslim, Anda harus menyediakan peci dengan berbagai macam ukuran sesuai dengan usia anak-anak dan orang dewasa, kemudian juga Anda harus memperhatikan selera dari para pelanggan.

2. Menjual Perlengkapan Ibadah

Selain menjual busana atau pakaian muslim, Anda juga dapat menjual perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajdah, tasbih, Al-Quran, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka yang pria maupun yang wanita akan membeli perlengkapan ini sekali atau dua kali dalam waktu satu tahun. Dan ketika momen bulan puasa ini mereka biasanya akan membelinya kembali. Kemudian, berkah di bulan puasa akan membuat orang banyak melakukan ibadah yang lebih dari biasanya.

Hal tersebut tentu saja menjadikan tingkat penjualan untuk perlengkapan ibadah akan meningkat selama bulan Ramadhan.

3. Menjual Hidangan Berbuka

Ketika menjalani ibadah puasa, saat berbuka merupakan momen yang paling dinantikan oleh banyak orang setelah mereka menahan lapar serta haus seharian. Mungkin Anda sering melihat banyak stand di pinggiran jalan yang menjual berbagai macam makanan. Hal tersebut karena mereka sudah paham apabila di waktu siang dan menjelang berbuka puasa, banyak orang yang mencari berbagai makanan untuk dijadikan hidangan saat berbuka puasa.

Situasi seperti ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha menjual hidangan berbuka. Jangan pernah merasa takut jika makanan yang Anda jual tidak akan laku karena banyaknya penjual yang juga menjual makanan tersebut. Makanan yang bisa Anda jual antara lain adalah kurma. Banyak yang mengatakan jika belum lengkap berbuka jika belum makan buah yang satu ini. 

Buah yang asalnya dari negeri Arab tersebut memang telah menjadi favorit untuk makanan pembuka oleh semua orang. Oleh karena itu, dengan menjual kurma merupakan pilihan yang terbaik dalam membuka usaha. Terlebih lagi, buah yang atau ini bisa tahan lama, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir apabila dagangan menjadi busuk. Selain menjual kurma, Anda juga bisa menjual kolak. Layaknya kurma, kolak pun menjadi menu favorit ketika berbuka puasa.

Selanjutnya adalah dengan menjual gorengan yang memang menjadi favorit di Indonesia dari zaman dahulu. Anda juga dapat menjual aneka jajanan tradisional yang sekarang ini telah banyak variasinya. Kemudian, ketika berbuka juga biasanyaorang akan mencari yang segar-segar untuk pencuci mulut. Maka Anda bisa membuka usaha menjual buah-buahan yang segar dengan berbagai macam jenis.

4. Jualan Minuman Segar

Peluang usaha selanjutnya yang dapat Anda jalankan selama bulan Ramadhan yaitu dengan menjual aneka minuman segar. Karena kebanyakan orang akan mencari minuman untuk berbuka. Anda bisa menjual es teh manis, sop buah, es buah, es cendol, es kelapa muda, es tahu, jus buah, es kacang hijau, es kacang merah, es tebu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua minuman tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang di dapat bisa sangat besar.

5. Membuka Usaha Katering

Peluang usaha yang berikutnya adalah dengan membuak usaha katering. Meskipun di awal bulan Ramadhankebanyakan ibu akan memasak hidangan untuk berbuka atau makan sahur. Tetapi ketika menjelang pertengahan puasa biasanya mereka sudah sedikit malas, dan tidak sedikit yang memilih untuk membeli makanan saja. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan menjual berbagai macam makanan untuk berbuka.

Meskipun para ibu biasanya malas ketika pertengahan puasa, namun tidak ada salahnya Anda memulai usaha ini pada awal puasa. Karena masih banyak anak kos dan para pekerja kantoran yang sibuk dengan pekerjaan mereka dan tidak bisa meluangkan waktunya untuk memasak. Yang terpenting adalah Anda harus menggunakan bahan bak berkualitas serta tetapkan harga terjangkau yang sesuai dengan semua kalangan.

6. Menjual Kue Khas Lebaran

Usaha selanjutnya yang menjanjikan banyak keuntungan adalah dengan menjual kue khas lebaran. Bagi Anda ibu rumah tangga yang mempunyai hobi membuat kue tidak ada salahnya untuk membuka usaha menjual kue khas lebaran. Karena ketika lebaran, hampir di setiap rumah pasti menyediakan berbagai macam kue kering atau kue basah untuk menjamu tamu yang datang berkunjung. Jadi, dapat dipastikan bahwa peminat dari kue khas lebaran sangat banyak.

7. Membuat Parsel Lebaran

Seperti yang sudah Anda ketahui jika permintaan untuk parsel di bulan Ramadhanakan meningkat. Banyak yang membeli parsel untuk hadiah kepada kerabat ataupun untuk teman. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan membuka usaha membuat parsel lebaran dengan berbagai macam variasi harga dan isinya.

8. Berjualan Kembang Api

Permintaan untuk kembang api di bulan Ramadhan akan mengalami peningkatan, karena kembang api sangat identik terhadap perayaan sesuatu. Anda bisa memanfaatkannya dengan berjualan kembang api. Banyak yang membeli kembang api untuk malam takbiran bahkan anak-anak sangat senang bermain kembang api setiap malam selama bulan Ramadhan. 

9. Membuka Jasa Promosi

Membuka usaha jasa promosi dapat dijadikan pilihan karena tidak membutuhkan banyak modal. Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu menawarkan jasa maupun bantuan pada pemilik produk untuk disebarluaskan promosinya. Seperti jika Anda mempunyai teman yang bisa membuat kue lebaran, maka Anda dapat berperan sebagai tenaga marketing atau pemasaran. Anda dapat mengunjungi toko atau dari rumah ke rumah mengajak siapa saja yang ingin memesan kue lebaran.

10. Membuka Usaha Rental Mobil

Salah satu usaha yang laris ketika bulan Ramadhan adalah usaha rental mobil. Banyak permintaan rental mobil di bulan Ramadhan, karena hari lebaran adalah hari libur nasional. Jadi beberapa hari sebelum serta sesudah lebaran seluruh instansi yang pemerintahan atau swasta akan memberikan kesempatan pada karyawannya untuk beristirahat dan menikmati liburan bersama keluarga.

Sehingga banyak yang melakukanbepergian, oleh karena itu apabila Anda mempunyai mobil bisa Anda gunakan untuk disewakan khususnya pada bulan Ramadhan.

11. Menjual Makanan Khas Daerah

Seperti yang diketahui jika arus mudik pada bulanRamadhan sangat tinggi, biasanya tidak akan lengkap jika perantau tidak membawakan oleh-oleh dari daerah perantauan untuk sanak saudara. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan untuk menjual makanan khas daerah yang Anda tempati selama bulan puasa.

12. Usaha Travel

Apabila Anda mempunyai mobil maka bisa membuka usaha travel selama bulan Ramadhan, karena pada bulan puasa arus mudik meningkat drastis.

13. Membuka Usaha Salon atau Potong Rambut

Membuka usaha salon atau potong rambut di bulan Ramadhan juga sangat ramai. Baik yang pria atau wanita, mereka ingin memanfaatkan bulan puasa ini dengan melakukan ibadah yang maksimal. Seperti bersih-bersih rumah maupun pada dirinya sendiri, misalnya menggunting rambut, melakukan perawatan tubuh, serta menjaga kesehatan rambut. Dan puncaknya adalah ketika satu minggu sebelum lebaran. 

Jadi, bagi Anda yang mempunyai kemampuan serta pengalaman di dunia potong rambut atau pernah bekerja di salon kecantikan, bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha salon atau potong rambut.

14. Menjual Ketupat

Telah jadi tradisi yang hampir ada di semua daerah di Indonesia yaitu ketika hari raya menyajikan ketupat. Ketupat menjadi sangat laris ketika 2 hari menjelang lebaran. Jadi Anda yang bisa membuat ketupat bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menjual ketupat. Modal dalam melakukan usaha ini tidaklah banyak, namun keuntungan yang bisa Anda peroleh bisa dibilang banyak. Karena untuk harga ketupat ketika lebaran bisa menjadi dua atau tiga kali lipat dari pada harga di hari biasa. 

15. Membuka Jasa Cuci Mobil dan Motor

Peluang usaha selanjutnya yang menjanjikan selama bulan puasa adalah dengan membuka jasa cuci mobil dan motor. Meskipun sebenarnya ketika bulan-bulan biasa jasa untuk cuci mobil serta motor tetap ramai, akan tetapi ketika bulan Ramadhanpeminat jasa ini semakin meningkat. Kebanyakan mereka yang akan bepergian baik untuk menikmati waktu sore jelang berbuka atau untuk mudik lebaran pasti akan mencuci mobil atau motor agar terlihat lebih bersih dan nyaman untuk dikendarai.

Terlebih lagi jika menjelang lebaran, banyak dari mereka yang mencuci mobil atau motor di tempat cucian agar ketika lebaran nanti mobil maupun motor sudah terlihat bersih dan nyaman. 

16. Jasa Jahit dan Permak Pakaian

Saat bulan puasa Anda juga bisa membuka jasa untuk jahit baju dan permak baju. Karena usaha ini sangat ramai ketika bulan Ramadhan, hal ini disebabkan daya beli dari masyarakat untuk pakaian akan meningkat drastis. Kemudian dari beberapa pakaian yang telah dibeli ternyata tidak sesuai dengan ukuran tubuh mereka, jadi solusinya adalah dengan menjahit serta mempermaknya agar cocok dengan keinginan mereka.

17. Menjual Tiket Pesawat

Usaha yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan berikutnya adalah dengan menjual tiket pesawat. Ketika menjelang lebaran tiket pesawat akansangat dibutuhkan mereka agar bisa berjalan-jalan maupun berziarah di berbagai kota. Jadi Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menjual tiket pesawat secara online. Ada banyak program atau orang yang memberikan pendaftaran untuk jadi agen tiket pesawat secara online dengan modal yang terbilang sedikit.

Anda bisa memulainya dengan mencari dimana yang sedang menerima pendaftaran untuk jadi agen jual tiket pesawat dengan caraonline.

18. Menjual Toples Kue Lebaran

Menjelang lebaran atau selama bulan puasa, usaha menjual toples kue lebaran bisa Anda jadikan pilihan karena sangat menguntungkan. Toples kue lebaran yang mempunyai banyak variasi sangat disukai oleh semua orang, apalagi toples juga sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai jenis makanan atau kue lebaran saat hari raya. Oleh karena itu, menjual toples di pasar Ramadhanakan banyak peminatnya.

19. Menjual Sepatu

Usaha terakhir yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan adalah menjual sepatu. Karena sekarang ini sepatu sudah menjadi alasan bagi setiap orang untuk terlihat lebih keren. Modal yang Anda butuhkan tidak banyak, karena Anda hanya cukup dengan membelinya beberapa stok lewat supplier pertama, kemudian Anda bisa menjualnya dengan harga berbeda yang sebelumnya telah Anda tentukan.

Ketika Anda memilih jualan sepatu akan lebih baik dijual pada pasar Ramadhan dibandingkan dijual dengan cara online. Hal tersebut karena jika Anda berjualan di pasar Ramadhan maka besar kemungkinan sepatu akan dilihat sebab orang yang berkunjung di pasar Ramadhan sangatlah banyak.

Itulah ulasan mengenai 19 Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan. Anda dapat mencoba satu atau lebih dari 19 peluang usaha di atas selama bulan puasa. Jangan pernah takut untuk rugi sebelum Anda mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat.