Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan untuk Masa Depan -- Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan di Masa Depan, Jenis Peluang Usaha dan Tips Memulai Usaha di Desa Berkembang, Usaha yang Paling Laris Di Kampung / Desa Berkembang, Peluang Usaha di Daerah Baru Berkembang, Peluang Usaha di Desa Terpencil, Usaha Paling Sukses di Desa, Usaha Potensial di Desa, Contoh Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan.


Peluang usaha di desa berkembang yang menjanjikan untuk masa depan sebenarnya ada banyak sekali jika Anda jeli dalam mengamati kebutuhan akan masyarakat desa saat ini. Tentunya juga untuk bisa mengetahuinya, Anda membutuhkan pengamatan yang mendalam berdasarkan data – data yang telah Anda kumpulkan mengenai kebutuhan di suatu desa.

Tinggal di lingkungan pedesaan yang masih dalam tahap berkembang bukan berarti Anda harus tertinggal dengan mereka yang tinggal di perkotaan yang lebih maju. Justru mungkin saja Anda dapat memberikan kontribusi dalam hal memajukan desa yang berkembang tersebut. Bagi pelajar, bisa saja memberikan kontribusi dalam prestasi akademik dengan mengikuti perlombaan nasional.

Bagi seorang guru, kontribusi yang dapat diberikan adalah dengan memperbaharui teknik mengajar yang terbaik dan tepat untuk anak – anak didiknya di pedesaan sehingga tidak kalah cerdas dan maju dengan murid – murid yang bersekolahdi perkotaan. Seluruh profesi dapat memberikan kontibusi untuk desanya, tidak terkecuali bagi seorang pebisnis atau pengusaha.

Jika Anda seorang pengusaha yang memiliki pengamatan jeli, Anda tentu menyadari bahwa sebenarnya terdapat banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda jalani di pedesaan berkembang. Anda bisa mulai dari melihat permasalahan yang terjadi di desa yang bersangkutan atau melihat kebutuhan apa yang belum terpenuhi di desa tersebut.

Sebagai salah satu contohnya, mungkin berdasarkan pengamatan Anda, ternyata warga atau masyarakat di suatu pedesaan berkembang seringkali mengeluhkan alat – alat elektronik yang rusak karena hampir tidak ada yang mengerti tentang cara kerja benda elektronik sehingga jika barang tersebut rusak, satu – satunya solusi adalah dengan membeli yang baru.

Melihat hal tersebut, Anda bisa saja membuka usaha service barang elektronik dengan terlebih dahulu mempelajari bidang bisnis yang hendak Anda geluti itu. Sehingga, warga yang memiliki barang elektronik rusak tidak harus membeli yang baru, cukup dengan diperbaiki di toko Anda. Selain contoh tersebut, masih banyak lagi contoh bisnis yang bisa Anda jalani di pedesaan.

Daftar Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Mudah untuk Dijalani

Pada dasarnya, tujuan para pebisnis adalah sama, yaitu menawarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa yang dinilai menguntungkan. Meski tujuan tersebut tidak sepenuhnya salah, akan tetapi sebaiknya Anda membuat prioritas lain dalam memulai suatu bisnis, yaitu ditujukan untuk menolong atau membantu memecahkan masalah yang terdapat di suatu area atau daerah.

Sebagai contohnya, seperti yang sudah disebutkan pada paragraf pembuka sebelumnya bahwa melihat adanya masalah warga atau masyakarat yang kesulitan ketika barang elektroniknya rusak, Anda membuat solusinya, yaitu dengan membuka usaha service barang elektronik sehingga warga atau masyarakat dapat mengatasi masalah terkait barang elektronik yang rusak dengan benar.

Namun ternyata, selain dengan membuka jasa service barang elektonik masih terdapat banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda lakukan di desa sekaligus membantu permasalahan yang umumnya terjadi di lingkungan pedesaan. Maka dari itu, berikut ini adalah daftar bisnis yang mungkin bisa Anda geluti di pedesaan dan menjanjikan di masa depan.

1. Membuka Jasa Bimbingan Belajar atau Kursus

Membuka jasa bimbingan belajar atau kursus di pedesaan yang berkembang bisa menjadi langkah yang baik untuk usaha Anda. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa para pelajar di desa juga dapat bersaing dengan pelajar yang tinggal di perkotaan maju. Akan tetapi, layaknya manusia, ada beragam tipe pelajar yang harus diketahui.

Ada yang cepat belajar, ada juga yang harus dibimbing berulang – ulang sampai akhirnya dapat menguasai sebuah materi pelajaran. Ada yang cepat menghapal namun cepat juga melupakan hapalan tersebut. Ada pelajar yang lambat dalam menghapal, namun jika sudah mengingatnya akan lambat juga atau sulit melupakan apa yang telah dihapalkannya.

Ada yang cepat dalam menghapal dan sulit untuk lupa atau dengan kata lain tipe pelajar yang bisa dibilang beruntung karena mudah belajar. Ada pula tipe terakhir yang lambat dalam menghapal tetapi cepat sekali lupa. Tipe pelajar yang terakhir inilah yang membutuhkan bimbingan lebih dari gurunya.

Seorang tutor atau guru juga harus memahami tipe atau karakter anak – anak didiknya. Dengan begitu, guru atau tutor dapat memberikan metode pengajaran yang tepat sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan baik oleh para murid. Di Indonesia, umumnya ketika menjelang Ujian Nasional (UN) pendalaman materi akan lebih jauh digalakkan.

Melihat hal tersebut, Anda seharusnya menyadari bahwa kebutuhan bimbingan belajar atau kursus di pedesaan sama dengan kebutuhan bimbingan belajar atau kursus yang ada di perkotaan karena mereka sama – sama akan menghadapi Ujian Nasional yang diadakan satu tahun sekali khusus bagi para siswa kelas tertinggi di setiap tingkatan sekolah.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat bimbingan belajar atau kursus ini menjadi hal yang menguntungkan.  Anda bisa memulainya dengan merekrut para tutor atau guru yang berkompeten untuk turut serta bekerja sama membangun bisnis bimbingan belajar atau kursus yang Anda mulai jalani.

Dengan begitu, selain Anda mendapatkan keuntungan dari membuka kelasbimbingan belajar atau kursus, Anda juga secara tidak langsung tanpa disadari telah memberikan kontribusi untuk memajukan pendidikan yang ada di pedesaan agar tidak tertinggal dengan pendidikan yang diberikan di perkotaan.

2. Usaha Anyaman

Adakah di antara Anda yang memiliki bakat dalam hal menganyam? Jika ya, Anda bisa memulai usaha anyaman yang dapat Anda tawarkan produk jadi atau hasil akhirnya untuk dijual dan dipasarkan kepada warga desa yang membutuhkan. Bisnis kerajinan tangan jangan pernah dipandang sebelah mata karena nilai jualnya bisa sangat tinggi di pasaran.

Salah satu hasil kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi itu adalah anyaman. Anda bisa saja membuat anyaman dari bahan – bahan yang sudah tidak terpakai atau memang khusus dirancang berdasarkan permintaan pelanggan (custom). Tergantung dari jenis anyaman apa yang dibutuhkan oleh warga atau masyarakat di suatu pedesaan tertentu.

Misalnya, Anda menemukan bahwa ada banyak bambu di suatu desa yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu produk jadi anyaman, mulai dari anyaman untuk topi petani, wadah suatu makanan seperti piring bambu, dan lain sebagainya. Selain bambu, masih banyak bahan lain yang dapat dimanfaatkan untuk bisa dibuat produk anyaman.

Misalnya, rotan yang dapat dianyam menjadi kursi, meja, laci atau kotak penyimpanan, beraneka macam wadah, dan lain – lain. Atau Anda juga bisa memanfaatkan bahan kain, seperti benang rajut atau benang wol yang memiliki materi kain tebal untuk dijadikan produk anyaman, seperti karpet, syal, tas, dan lain sebagainya.

Masing – masing bahan anyaman memiliki karakteristik dan keunggulannya tersendiri. Hanya saja, Anda harus mengetahui bahan apa yang tepat untuk digunakan dalam menghasilkan suatu produk jadi anyaman. Anda juga dapat memberikan masukan atau saran kepada pelanggan mengenai beragam keunggulan dari perbedaan materi anyaman.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan anyaman Anda akan menerima jasa custom atau yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Dengan kata lain, Anda cukup mengikuti apa yang diinginkan oleh pelanggan, mulai dari penggunaan bahan sampai dengan desain akhir dari produk yang dimaksud.

3. Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Peluang bisnis berikutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah berbisnis makanan khas daerah. Mungkin di suatu pedesaan sudah sering terdapat para penjual makanan yang menjual makanan khas daerahnya masing – masing. Anda yang harus jeli mengamati makanan khas daerah mana yang belum ada di area pedesaan yang bersangkutan.

Indonesia kaya akan keanekaragaman warisan budayanya, mulai dari kerajinan tangan, adat istiadat, tidak terkecuali makanan khas daerahnya yang begitu banyak, mulai dari Sabang sampai dengan Merauke. Hal ini tidak lepas dari peran kekayaan alam di Indonesia yang sekaligus menghasilkan banyak rempah dan bumbu yang nikmat jika diolah.

Bisnis makanan daerah dapat menguntungkan jika Anda mau menggali dan mencari tahu makanan khas daerah mana yang belum ada di area atau lingkungan pedesaan tertentu namun memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah warga atau masyarakat sekitar yang tinggal di pedesaan yang bersangkutan.

Oleh karena itu, sebelumnya Anda mungkin harus melakukan riset kecil – kecilan sebelum menentukan makanan daerah apa yang akan Anda tawarkan untuk dijual di desa tersebut. Mulai dari selera makanan masyarakatnya, kemampuan atau daya beli (berkaitan dengan penetapan harga), pengaruh kemasan, dan lain sebagainya.

Nantinya, hasil riset kecil – kecilan, tersebut dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai seberapa besar peluang Anda untuk memulai bisnis menjual makanan khas daerah. Kemudian, barulah Anda mempelajari resep terkait makanan daerah yang hendak Anda jual dan pasarkan di pedesaan tersebut.

Selain ketiga jenis bisnis yang sudah disebutkan di atas, masih ada pula tipe bisnis yang dapat Anda jalani atau geluti di lingkungan pedesaan, yakni bisnis yang menggunakan bantuan teknologi. Justru dengan bantuan teknologi, Anda akan memberikan kontribusi berkali – kali lipat dalam kemajuan desa tersebut sehingga juga menguntungkan bagi Anda.

Peluang Usaha di Pedesaan Berbasis Teknologi yang Memberikan Keuntungan Berlipat

Pernahkan terpikir oleh Anda bahwa memulai usaha di pedesaan yang berbasis atau menggunakan bantuan teknologi dapat memberikan keuntungan atau masa depan yang menjanjikan? Selain masa depan Anda tentunya, masa depan desa tersebut juga akan semakin terlihat bagus mengingat teknologi dapat dimanfaatkan untuk beragam kegiatan yang positif.

Salah satu contohnya adalah dalam bidang pelajaran. Saat ini, di perkotaan telah marak bisnis aplikasi belajar yang membantu para pelajar dalam memahami materi pelajaran dengan bantuan tutor online sehingga belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja serta dalam situasi apapun. Belajar tidak lagi menjadi kegiatan yang membosankan, justru mengasyikkan.

Selain itu, tipe gaya belajar pun berbeda – beda. Ada yang memiliki gaya belajar visual, auditory, atau kinestetik. Namun, ada pula yang memiliki gaya belajar campuran, seperti audiovisual (gabungan antara auditory dan visual), dan lain sebagainya. Salah satu contoh gaya belajar, yakni auditory, membutuhkan bantuan tutor atau penjelasan langsung.

Dengan kata lain, Anda yang memiliki gaya belajar auditory akan lebih mudah memahami suatu materi pelajaran melalui penjelasan langsung dar guru atau video pembelajaran dibandingkan dengan harus membaca buku seperti yang dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki tipe atau gaya belajar visual.

Melihat peluang yang ada, Anda bisa saja membuat suatu aplikasi belajar yang khusus dirancang untuk para pelajar di pedesaan sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan lagi untuk menyelesaikan soal – soal yang diberikan untuk latihan atau tugas – tugas rumah. Tentunya, Anda harus memahami terlebih dahulu tipe gaya belajar yang sebelumnya telah dijelaskan.

Sehingga, sebelum memulai sesi pelajaran atau ketika seorang murid baru daftar atau bergabung, pada aplikasi yang Anda rancang, Anda dapat menyisipkan kolom yang menanyakan tipe gaya belajar murid tersebut. Setelah mengisi, sebagai contoh visual, maka seluruh penjelasan yang ada di aplikasi tersebut akan menyesuaikan dengan gaya belajar seorang murid visual.

Apabila gaya belajarnya ternyata adalah auditory, maka seluruh penjelasan yang terdapat d aplikasi tersebut, mulai dari pembahasan soal, materi pelajaran, akan disesuaikan dengan gaya belajar seorang murid auditory sehingga mungkin akan lebih banyak video yang tersedia. Begitu pula dengan yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Selain membuat aplikasi khusus yang dapat membantu para pelajar dalam memahami materi pelajaran, Anda juga dapat menjadi seorang Youtuber yang bermodalkan kamera, laptop, kemampuan edit video, serta tampilan atau gaya bicara yang menarik yang menjelaskan keunikan di pedesaan tertentu.

Jangan salah, karena bisnis berbasis teknologi atau yang menggunakan bantuan teknologi memiliki keuntungan berlipat. Sebagai contoh, apabila Anda seorang Youtuber dengan subscriber atau yang berlangganan di account Youtube Anda mencapai lebih dari 100.000 atau 1.000.000 atau lebih, maka Anda akan mendapatkan penghasilan setiap kali video Anda diunggah.

Bahkan, jika subscriber Anda sudah mencapai angka jutaan dan video Anda selalu menjadi trending, penghasilan yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan youtuber atau yang sering sekali membuat konten – konten video karena mereka sama sekali bukan sekadar mengerjakan hal yang iseng.

Jika nantinya Anda telah mengumpulkan subscriber yang banyak, tentunya menjadi seorang Youtuber akan menjadi hal yang menguntungkan bagi Anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memiliki modal peralatan dan perlengkapan yang biasa dimiliki oleh seorang Youtuber untuk membuat konten video menarik mengenai pedesaan.

Ada banyak bukan hal – hal menarik yang dapat diexplore atau dijelajahi di pedesaan yang belum tentu dapat ditemukan di daerah kota. Seperti keindahan atau panorama alamnya, beragam permaianan daerah yang biasa dimainkan anak – anak, seperti bola bekel, congklak, galasin, dan lain sebagainya, makanan khas daerah, keramahan para penduduknya, dan masih banyak lagi.

Dengan menemukan ide untuk membuat konten – konten menarik yang membahas apa saja hal menarik yang dapat Anda temukan di pedesaan, mungkin akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi desa tersebut dan tentunya secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap jumlah like atau subscriber yang Anda raih nantinya.

Selain bisa menghasilkan pendapatan untuk Anda, Youtube juga akan memberikan penghargaan silver kepada Anda yang berhasil memiliki subscriber minimal 100.000 dan kelipatannya serta penghargaan gold kepada Anda yang berhasil memiliki subscriber minimal 1.000.000 dan kelipatannya. Selain menghasilkan keuntungan, Anda juga dapat berbangga diri bukan?

Demikianlah artikel kali ini yang membahas seputar Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan untuk Masa Depan sekaligus memberikan keuntungan bagi Anda. Semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin turut memberikan kontibusi dalam kemajuan desa.