Peluang Usaha Potensial di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha Potensial di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan -- Ide Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan, Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan, Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Kampung Atau Desa, Peluang Usaha Di Desa Dengan Modal Kecil yang Menjanjikan Untung Besar, Peluang Usaha Modal Kecil yang Potensial di Desa, Peluang Usaha di Desa Berkembang dan Terpencil, Usaha di Desa Sukses dan Maju serta Menjanjikan Keuntungan.


Peluang usaha potensial di desa dengan modal kecil yang menguntungkan sebenarnya sangat bermacam-macam. Meskipun di desa, namun Anda tetap bisa menciptakan usaha sendiri dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat jika Anda kreatif dan inovatif.

Banyak yang berpandangan bahwa seseorang yang tinggal di desa tidak akan bisa sukses dan berhasil. Padahal kesuksesan dapat diraih dimanapun Anda berada, baik itu di kota ataupun di desa. Banyak masyarakat desa yang memilih untuk merantau ke kota dengan harapan dapat mencapai kesuksesan. Padahal sukses pun dapat Anda raih di desa.

Memulai usaha atau mencari keuntungan dalam bidang bisnis tidak hanya dapat dilakukan di daerah perkotaan. Anda yang berada di desa dan ingin mencoba peluang usaha pun bisa melakukannya. Meskipun dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Untuk membuka sebuah usaha, masalah modal memang merupakan masalah yang cukup menjadi beban bagi pemula. Namun Anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya banyak sekali peluang usahadengan modal kecil yang bisa Anda temukan sekaligus menguntunkan.

A. Langkah Menemukan Ide Usaha di Desa

Sebagian dari Anda mungkin ada yang merasa kesulitas untuk menemukan peluang usaha di desa yang dapat dmulai dengan modal kecil namun tetap menguntungkan. Nah.. di bawah ini, kami akan memaparkan beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk menemukan berbagai ide usaha di desa. Adapun beberapa langkah yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut:

1. Menemukan Potensi Diri Anda

Setiap individu tentu memiliki potensi dirinya masing-masing. Anda bisa mengembangkan potensi diri yang Anda miliki untuk memulai usaha di desa. Seperti misalnya Anda memiliki potensi dalam bidang kesenian. Anda bisa mengembangkannya dalam bentuk seni yang menguntungkan.

2. Menemukan Potensi Usaha di Desa Anda

Selain potensi diri, Anda juga harus mencari potensi usaha apa yang mungkin dapat berkembang di desa Anda. apa yang sedang masyarakat butuhkan. Anda bisa bisa berkeliling desa melihat potensi usaha yang mungkin bisa Anda kembangkan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakannya kepada tetangga, kerabat, orang tua, dan orang-orang di desa Anda lainnya.Anda dapat melihat potensi tersebut dari berbagai aspek. Seperti mislnya potensi alam di desa Anda, potensi budaya, kuliner, social, atau yang lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha.

3. Gabungkan antara Potensi Diri dengan Potensi Daerah yang Anda Temukan

Setelah menemukan potensi yang terdapat dalam diri Anda, selanjutnya Anda dapat menggabungkannya dengan potensi yang terdapat di desa yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha. Jika diri Anda berpotensi dan didukung dengan potensi daerah yang sesuai, tentu Anda bisa membangun usaha yang menguntungkan di desa.

4. Belajar dengan Orang yang Tepat

Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda juga meluangkan waktu untuk belajar dari orang yang telah berpengalaman. Orang yang berpengalaman disini maksudnya ialah orang yang telah sukses menjalankan usaha sebelumnya, bukan orang-orang yang hanya memahami teori.

Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan strategi yangtepat untuk memulai usaha Anda, serta mengembangkannya. Metode seperti ini biasanya disebut dengan metode ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Anda bisa mengamati cara kerja orang tersebut, kemudian menirukan, dan terakhir memodifikasikan sesuai dengan usaha yang Anda jalankan.

5. Mulai Beraksi

Setelah menemukan peluang usaha yang sesuai dengan potensi dalam diri dan potensi usaha yang ada di desa, langkah selanjutnya Anda harus beraksi memulai usaha tersebut. Diantaranya ialah mencari modal dan jangan pernah menyerah dalam membangun usaha tersebut. Karena dalam membangun sebuah usaha tentu akan mengadapi berbagai tantangan.

B. Berbagai Peluang Usaha Potensial di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Selain langkah-langkah menemukan peluang usaha di desa yang menguntungkan, kami juga kaan menyajika beberapa contoh peluang usaha di desa yang mungkin dapat Anda terapkan. Terlebih jika peluang usaha ini sesuai dengan potensi diri Anda, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Adapun berbagai peluang usaha yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

1. Usaha Ternak Ayam Kampung

Salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan yang bisa Anda lakukan di desa dengan modal yang kecil namun keuntungan yang menjanjikan ialah dengan teknak ayam kampung. Saat ini permintaan ayam kampung memang belum terpenuhi 100%. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannnya untuk memulai usaha di desa Anda.

Bagi pemula, memulai usaha ternak ayam kampung tak harus dengan membeli anakan ayam kampung dalam jumlah banyak. Namun Anda bisa memulai usaha ternak ayam kampung dengan sistem yang umum digunakan masyarakat, yaitu sistem semi intensif, dan sistem umbaran.

Sistem yang paling banyak digunakan di pedesaan ialah sistem umbaran. Maksud sistem umbaran ini ialah dengan membebaskan ayam untuk mencari makannya sendiri. Ayam ternak Anda bebas berkeliling kampung untuk mencari makanannya. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah kandang sederhana yang dapat digunakan untuk istirahat malam ayam tersebut.

Sedangkan untuk sistem intensif, Anda bisa memilih lebih banyak tipe kandang yang bisa Anda gunakan. Seperti misalnya kandang tipe pekarangan, kangadang tipe postal, atau kandang tipe baterai. Untuk memulai menerapkan sistem intensif ini, Anda juga memerlukan sedikit modal untuk membuat berbagai jenis kandang tersebut.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak modal, kandang tipe pekarangan ini dapat menjadi pilihan. Sebab Anda tak memerlukan modal banyak untuk membangun kandang, hanya saja Anda memerlukan pekarangan yang luas. Dengan kandang tipe pekarangan ini, Anda lebih bisa mengontrol ayam Anda apabila dibandingkan dengan tipe umbaran.

2. Usaha Berjualan Kuliner yang Unik

Contoh peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda terapkan misalnya adalah berjualan makanan yang unik. Usaha kuliner memang bisa sukses di manapun usaha tersebut dijalankan. Baik itu di kota atau di desa sekalipun.

Hal ini disebabkan karena kuliner makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan bagi setiap manusia di manapun berada. Sehingga peluang menjalankan usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Namun tentunya harus dengan strategi yang tepat, mengingat saingan dalam usaha kuliner juga sangat banyak.

Jenis usaha yang satu ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang memiliki hobi atau keahlian dalam hal memasak. Banyak pilihan kuliner yang bisa Anda kreasikan sehingga dapat menciptakan kuliner yang unik. Seperti misalnya menjual bakso dengan isian, atau menjual makanan-makanan yang belum pernah ada di desa.

Tak hanya itu, menekuni usaha di bidang kuliner juga harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat. Misalnya menerapkan sistem pre order, pesan antar, berjualan melaui media social, dan berbagai strategi lain sehingga dapat memperoleh target market yang tepat.

Untuk memulai usaha di bidang kuliner pun tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Namun juga menyesuaikan dengan jenis kuliner apa yang Anda jual. Pastikan bahwa Anda telah memiliki market atau pasar yang tepat untuk sasaran jualan Anda. sehingga usaha kuliner Anda pun dapat lebih menguntungkan.

3. Peluang Usaha Bisnis Online di Desa

Di era digital saat ini, jangkauan internet tak hanya dapat dinikmati di area perkotaan, namun juga sudah dapat dinikmati di daerah pedesaan. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk memulai bisnis online di desa Anda.

Bisnis online merupakan sebuah usahayang cukup fleksibel, karena Anda dapat mengontrol segala aktivitas bisnis di manapun Anda berada, selama disitu terdapat jaringan internet. Pilihan untuk menjalankan bisnis online pun cukup banyak. Anda bisa melakukan survey untuk menemukan produk apa yang saat ini sedang dibutuhkan atau sering dicari masyarakat desa.

Untuk memulai bisnis online pun tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa membuat website sebagai tempat berjualan, atau bisa juga dengan memanfaatkan media social untuk tempat berjualan.

Tak hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkan marketplace sebagai pihak ketiga seperti shopee, bukaLapak, Tokopedia, dan marketplace lainnya untuk menjual produk-produk Anda. dengan bisnis online ini, Anda tidak hanya menjual produk di desa Anda, namun juga bisa menjangkaku ke berbagai wilayah di Indonesia dengan bantuan internet.

4. Usaha di Bidang Hidroponik

Peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda coba ialah dengan memulai usaha di bidang hidroponik. Banyak masyarakat perkotaan yang bahkan tidak memiliki lahan, memanfaatkan pekarangannya untuk menanam berbagai tanaman yang berguna dengan sistem hidroponik.

Anda sebagai masyarakat pedesaan tentu tak ingin kalah bukan? Anda bisa memanfaatkan lahan yang Anda miliki di desa untuk menanam berbagai jenis sayuran, buah-buahan, atau tanaman lainnya dengan menggunakan sistem hidroponik. Terlebih tanaman hidroponik saat ini cukup digemari masyarakat karena tanaman ini lebih higienis.

Memulai usaha di bidang hidroponik juga tidak memerlukan modal yang begitu besar, serta dapat dilakuakn dengan praktis dan mudah apabila Anda mengetahui caranya dengan tepat. Terdapat beberapa kriterai yang harus dipenuhi supaya tanaman hidroponik Anda dapat tumbuh dengan baik.

Kriteria yang pertama ialah media yang diguankan harus memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Hal ini disebabkan karena tanaman membutuhkan nutrisi melalui air tersebut. Yang kedua, media yang digunakan harus mempunyai struktur yang gembur. Hal ini bertujuan supaya zat nutrisi dapat tersimpan serta tersebar dengan baik. Kriteria ketiga, harus memiliki kandungan garam yang rendah, serat tidak mudah berubah bentuk meskipun terdapat perubahan suhu.

Kriteria selanjutnya ialah media harus bebas hama supay tanaman hidroponik Anda dapat tumbuh secara optimal, dan kriteria selanjutnya ialah harus mempunyai kandungan kalsium atau kapur. Dengan begitu, tanaman hidroponik Anda dapat tumbuh dengan optimal.

Terdapat bebrapa media yang sering digunakan untuk menanam tanaman hidroponik. Diantaranya ialah arang sekam, rockwool, perlit, sabut kelapa, dan masih banyak media lainnya. Sebelum memulai usaha hidroponik ini, Anda harus memahami ilmunya supaya usaha Anda bisa menjadi usaha yang benar-benar menguntungkan.

5. Peluang Usaha Berjualan Pulsa dan Token Listrik

Peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda kembangkan di desa ialah usaha pulsa HP dan token listrik. Meskipun simpel, namun saat ini pulsa sudah hamper menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Baik pulsa untuk telepon dan mengirim pesan, pulsa untuk internet, ataupun pulsa listrik.
Saat ini, hamper setiap individu memiliki handphone, bahkan ada yang memiliki hingga lebih dari dua handphone. Setiap handphone tentu membutuhkan pulsa. Oleh sebab itu, usaha pulsa ini cukup menguntungkan karena pulsa merupakan suatu hal yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk memulai usaha yang satu ini, Anda hanya membutuhkan HP yang dapat diguankan untuk SMS. Selebihnya Anda bisa mencari agen pulsa terpercaya yang dapat Anda jadikan untuk mengisi saldo Anda. untuk bisa sukses dalam berjualan pulsa, pastikan Anda memiliki catatan keuangan yang lengkap, dan pastikan pembeli langsung membayar pulsa dengan lunas.

6. Peluang Usaha Berjualan Alat-alat dan Obat-obat Pertanian / Perkebunan

Hidup di desa memang identik dengan sawah, ladang, dan kebun. Karena sebagian besar mata pencaharian orang-orang desa ialah petani. Oleh sebab itu, memulai usaha dengan berjualan alat-alat pertanian dan obat-obatnya dapat menjadi salah satu contoh usaha yang menjanjikan.

Melalui usaha yang satu ini, Anda dapat menjual beragai perlengkapan untuk kebutuhan petani seperti misalnya berbagai bibit tanaman, obat-obatan untuk tanaman atau hama, dan berbagai peralatan tani lainnya.

Dengan usaha peralatan tani yang Anda dirikan, petani-petani di desa tak perlu lagi jauh-jauh menuju kota untuk mendapatkan perlengkapan tani yang mereka butuhkan. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk Anda, mengingat jumlah petani di desa masih sangat banyak.

7. Beternak Kambing

Salah satu peuang usaha yang cukup menjanjikan di pedesaan ialah beternak kambing. Meskipun terlihat kampungan, namun apabila dijalankan dengan benar-benar serius, beternak kambing dapat menjadi usaha yang menguntungkan.

Pasalnya perawatan kambing terbilang cukup mudah. Selain itu, ketersediaan pakan kambing juga sangat melimpah di desa. Anda bisa melepaskan kambing di tanah lapang dan membiarkan bebas mencari makan. Tak lupa perawatan yang baik juga diperlukan untuk bisa mendapatkan kambing-kambing yang berkualitas.

8. Peluang Usaha dengan Budidaya Ikan

Peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda kembangkan di desa ialah usaha budidaya ikan. Berbagai jenis ikan dapat Anda budidayakan. Seperti misalnya ikan lele, ikan gurame, ikan nila, dan berbagai ikan tawar lainnya.

Hamper di setiap warung makan menyediakan aneka olahan ikan sebagai pilihan menu. Oleh sebab itu, peluang usaha di bidang ini cukup menguntungkan, karena Anda dapat bekerja sama dengan banyak warung makan untuk menjadi supplier ikan.

Modal untuk memulai budidaya ikan ini pun tidak begitu banyak. Anda cukup menyiapkan kolam, bibit ikan yang akan dibudidayakan atau diternak, dan tak lupa pakan ikan. Besar biaya yang Anda keluarkan pun tergantung dengan ukuran kolam dan jumlah ikan yang akan Anda ternak.

9. Peluang Usaha Kerajinan Tangan

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keahlian dan kreativitas tinggi dalam membuat kerajinan tangan. Kebutuhan ekspor kerajinan tangan selalu meningkat di setiap tahunnya. Itu berarti peluang Anda untuk membuka usaha kerajinan tangan sangat besar.

Usaha kerajinan tangan ini dapat dilakukan bagi Anda yang tinggal di kota ataupun di desa. Berbagai kerajinan tangan dapat Anda buat seperti misalnya hiasan rumah dari barang-barang bekas, tas yang terbuat dari daun, dan berbagai macam kerajinan lainnya.

10. Dan Lain-lain

Selain beberapa peluang usaha yang telah diuraikan di atas, tentunya masih banyak lagi peluang usaha lainnya yang bisa anda pilih. Anda harus pandai-pandai melihat potensi usaha yang ada di desa. Misalnya usaha menanam cabe, atau sayur mayur, ternak sapi, ternak kambing, budidaya kroto, dan lainnya. Anda harus jeli melihat peluang yang ada.

Sekian penjelasan mengenai Peluang Usaha Potensial di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda yang berada di desa dan ingin memiliki usaha potensial yang menguntungkan.