Peluang Usaha Ternak Kambing, Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya

Peluang Usaha Ternak Kambing, Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya -- Peluang & Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Ternak Kambing, Untung Ruginya Ternak Kambing, Keuntungan Bisnis Ternak Kambing dan Harga Per Ekornya, Perhitungan dan Analisa Usaha Peternakan Kambing, Peluang dan Analisa Lengkap Tentang Usaha Ternak Kambing, Analisa Usaha Budidaya Kambing, Analisa Laba Rugi Ternak Kambing, Analisa Ternak Kambing Domba, Kacang, Potong untuk Pemula.


Ternak kambing merupakan salah satu kesempatan bisnis yang terbilang sangat menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua orang. Bagaimana tidak, kebutuhan akan kambing setiap harinya pasti ada saja yang memerlukan baik untuk para pedagang ataupun rumahan. Bagi mereka para pedagang biasanya memanfaatkan kambing untuk dijual baik dalam bentuk gelondongan ataupun yang sudah diolah dalam bentuk sate kambing, gulai kambing, rica-rica kambing, nasi goreng kambing dan sebagainya.

Sementara, bagi orang rumahan juga memanfaatkan kambing untuk acara aqiqah ataupun berkurban. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menjadi peternak kambing. Informasi lengkapnya akan kami ulas lengkap dibawah ini.

A. Prospek Menjanjikan Usaha Ternak Kambing, Beserta Analisa Modal dan Keuntungannya

1. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Etawa

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwasannya prospek ternak kambing memang terbilang sangat menjanjikan. Terlebih lagi, jika Anda memilih untuk ternak kambing etawa. Dimana, baru-baru ini banyak orang yang meragukan budidaya kambing etawa karena dirasa kurang memberikan profit. Meski demikian, sebenarnya kesempatan ini bisa Anda manfaatkan karena pesaingnya jauh lebih sedikit. Dengan demikian profit yang didapatkan jauh lebih besar mengingat pangsa pasarnya yang tinggi namun peminatnya masih minim.

Adapun beberapa keuntungan yang akan Anda rasakan saat ternak kambing etawa yaitu memanfaatkan susu kambing etawa tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwasannya, susu kambing etawa saat ini masih mendominasi harga paling tinggi di pasaran dibandingkan dengan harga susu kuda ataupun sapi. Selain itu, apabila kambing etawa sudah beranak maka bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Menariknya lagi, jika kambing etawa sudah tidak produktif maka kambing etawa bisa dijadikan kambing potong dengan menjual dagingnya ataupun kulit kambing etawa tersebut.

2. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Potong

Prospek usaha ternak kambing potong memang terbilang sangat menjanjikan dan mengiurkan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini permintaan akan daging potong memang terus meningkat. Sementara harga daging kambing juga terbilang cukup tinggi. Saat kita pergi ke warung sate, dimana mereka menyediakan dua jenis varian sate yaitu ayam dan kambing tentu harga keduanya sudah sangat beda jauh bukan?

Hal inilah yang membuat pera peternak kambing sangat senang dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Selain permintaan akan daging kambing yang terus meningkat, dengan melakukan bisnis ternak kambing potong maka Anda bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan dari susu, kulit kambing hingga kotoran kambing itu sendiri.

3. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Domba

Prospek ternak kambing domba juga sangatlah menggiurkan setiap orang, hal ini dikaenakan sister tenak domba yang terbilang sangat baik dan benar, sehingga sangat mudah bagi peternak kambing untuk mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Akan tetapi, untuk menjadi peternak kambing domba maka diperlukan pengetahuan yang baik dan benar supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Alasan kenapa peternak kambing domba terbilang sangat menguntungkan adalah karena dari susu, daging hingga bulu domba bisa menghasilakan uang. Sayangnya, untuk bulu dan susu domba di Indonesia masih belum banyak dibudidayakan. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan yang bagus agar hasil ternak kambing dombanya jauh lebih maksimal.

4. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Gibas

Usaha ternak kambing gibas saat ini memang terbilang sangat menjanjikan dan mempunyai tingkat keuntungan yang jauh lebih tinggi. Bagaimana tidak, keunikan dari kambing inilah yang membuat masyarakat sering meliriknya. Kambing dengan bulu keriting, berwarna putih membuatnya sangat laris di pasaran. Selain itu, permintaan akan daging gibas juga terbilang cukup tinggi.

Bagi para pecinta daging kambing maka keberadaan daging gibas sudah tidak asing lagi buat mereka. Hal ini dikarenakan, daging kambing gibas terbilang sangat lezat dan tidak bau seperti kambing pada umumnya. Tak heran jika tadinya orang enggan untuk memakan daging kambing lantaran bau, lain halnya saat mereka mencicipi daging kambing gibas maka mereka akan ketagihan. Hal inilah yang membuat permintaan akan daging gibas terus meningkat. Sementara peternak di Indonesia belum dapat memenuhi akan permintaan dari daging gibas tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk business Anda.

5. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Perah

Bagi Anda yang ingin ternak kambing perah maka harus lebih dulu menganalisa kira-kira pengeluaran yang diperlukan berapa? Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan? Bagaimanakah prospek pasarnya bagus atau tidak? Permintaan akan susu kambing masih tinggi atau sudah loyo? Beberapa hal tersebut tentu harus dipertimbangkan secara jeli. Mengingat, usaha kambing perah ini memang sengaja dibudidayakan dengan memanfaatkan keberadaan susunya untuk dijual.

Yang menjadi pertanyaan adalah “apakah permintaan susu di pasaran masih cukup tinggi”? jika iya, maka Anda harus bisa memperkirakan jumlah tenaga yang dibutuhkan agar hasil dari penjualan susu tersebut tetap dapat memberikan profit kepada Anda. keunggulan budidaya kambing perah adalah Anda bisa mendapatkan kualitas susu terbaik karena memang belum terkontaminasi dengan bahan apapun dan didapatkan langsung dari sumbernya. Perlu Anda ketahui, pasalnya susu kambing perah ini mampu menjaga tingkat kesehatan tubuh serta bisa memulihkan penyakit TBC.

6. Prospek Menjanjikan Ternak Kambing Jawa

Jenis kambing di Indonesia yang sering dibudidayakan oleh masyarakat kita adalah kambing jawa. Kambing jawa memang sangat mudah kita jumpai di daerah jawa dan berbagai daerah lain. Harga kambing jawa memang jauh lebih murah, dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Akan tetapi, pangsa pasar dari kambing jawa ini terbilang sangat laris. Tak heran jika akhirnya usaha ternak kambing jawa cukup menjanjikan.

Prospek ternak kambing jawa ini memang terbilang sangatlah menjanjikan, bagaimana tidak selain harga yang ditawarkan tergolong murah. Faktanya, permintaan akan kambing jawa di pasaran masih sangat tinggi. Belum lagi, perawatan kambing jawa juga sangatlah mudah. Anda dapat memanfaatkan daging kambing jawa hingga kotoran kambing yang bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Terlebh lagi, bagi orang jawa yang mayoritas penduduknya adalah petani maka kerap memanfaatkan kotoran kambing jawa sebagai pupuk alami untuk berbagai tanaman di kebuh agar lebih subur.

Usaha ternak kambing memang terbilang menjanjikan, terlebih lagi jenis kambing saat ini telah tersedia dalam berbagai pilihan. Oleh karenya, Anda dapat memanfaatkannya sesuai dengan kemampuan dan kesenangan Anda dalam memelihara kambing. Untuk lebih jelaskan, maka kami juga akan membrikan ilustrasi mengenai analisa dan keuntangan dari ternak kambing.

B. Analisa Modal Ternak Kambing

Kebutuhan kambing bagi masyarakat muslim di Indonesia dan berbagai negara muslim lainnya terbilang cukup tinggi. Tak heran, jika akhirnya banyak orang yang menganggap bahwa ternak kambing merupakan potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Seperti yang kita ketahui, bahwa permintaan kambing setiap tahunnya selalu meningkat.

Terlebih lagi, menjelang idul adha maka sudah dipastikan para peternak kambing akan merasa bahagia. Dimana, masyrakat pasti akan membutuhkannya untuk qurban. Selain itu, setiap harinya masyarakat di tanah air pasti membutuhkan kambing untuk aqiqah bayi yang baru berumur 2 minggu. Tak heran, jika akhirnya terdapat penelitan yang menyatakan bahwa setiap harinya pada suatu daerah pasti terdapat orang yang melakukan acara aqiqahan untuk anaknya.

Terdapat berbagai hal yang membuat para ternak kambing hingga kini masih terus melanjutkan businessnya tersebut. Bagaimana tidak, ternak kambing memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan mereka ternak sapi. Ilustrasinya adalah harga daging sapi dengan kambing tentu jauh lebih murah kambing, hal inilah yang membuat masyarakat lebih memiih harga kambing yang jauh lebih terjangkau. Selain itu, cara perawatan kambing juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan ternak sapi.

Berbagai fakta tersebut, tak heran jika akhirnya banyak orang lebih memilih bisnis ternak kambing. Selain modalnya terbilang kecil, prospeknya juga jauh lebih besar. Bahkan, selama ini jarang sekali kita mendengar ada peternak kambing yang mengalami kerugian. Lantas, bagaimanakah? Cara menganalisis modal ternak kambing bagi seorang pemula? Informasi lengkapnya akan kami ulas dibawah ini.

1. Bibit Kambing

Untuk mencari bibit kambing memang tergolong gampang-gampang sulit, meski demikian Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan budget yang Ada. Dalam artian, jika Anda ingin beternak kambing etawa tentu harga yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan kambing jawa. Oleh karena itu, kami berikan ilustrasinya secara sederhana dan jelas.

Misalkan Anda memilih bibit usaha ternak kambing dengan harga berkisar Rp. 300.000 hingga Rp. 1.000.000. Diibaratkan bibit kambing yang Anda perlukan berjumlah 10 ekor dengan harga per ekornya mencapai Rp. 500.000 maka total keseluruhan dari bibit kambing tersbut mencapai Rp. 5.000.000. Bibit kambing ini sudah termasuk bibit yang kecil-kecil.

2. Kandang Ternak Kambing 

Bagi Anda yang ingin ternak kambing mau tidak mau juga harus membuatkan kandangnya agar kambing terasa nyaman dan tidak tercemar dengan berbagai hewan lain yang ada di sekitar rumah seperti ayam dan sebagainya. Adapun, biaya yang dibutuhkan untuk membuat kandang ternak kambing diasumsikan sekitar Rp. 1.000.000. Ilustrasi tersebut merupakan usaha ternak kambing dengan kandang yang sederhana tapi sudah memberikan kenyamanan bagi kambing-kambing yang ada.

3. Pakan Kambing

Dalam memberikan pakan kambing sebenarnya tidak begitu sulit, terlebih lagi jika basicnya Anda seorang petani maka sudah pasti bisa mencarikan berbagai makanan kambing di kebun. Selain itu, makanan kambing memang tergolong sangatlah mudah dan praktis. Akan tetapi, untuk menunjang kesehatan dari setiap kambing yang ada tetap saja Anda membutuhkan konsentrat vitamin. Dimana, harga yang vitamin kambing tersebut diasumsikan Rp. 200.000 per bulan.

4. Upah Karyawan

Dalam menjalankan bisnis ternak kambing dengan asumsi sejumlah Rp. 10 ekor maka Anda tetap membutuhkan tenaga bantuan. Adapun kami asumsikan jika karyawan yang diperlukan adalah 1 orang dengan upah per bulannya sekitar Rp. 700.000.

5. Total Estimasi Modal Ternak Kambing 10 Ekor

Berdasarkan estimasi dari usaha ternak kambing untuk 10 ekor adalah 10 ekor kambing x harga beli/ekor kambing + biaya pembuatan kandang + biaya makanan + biaya upah karyawan = 10 x 500.000 + 1. 000.000 + 200.000 + 700.000 = Rp. 6.900.000.

C. Keuntungan Ternak Kambing

Berdasarkan estimasi analisa modal diatas maka kita dapat mengetahui sejumlah modal yang diperlukan untuk ternak 10 kambing yaitu sekitar Rp. 6.900.000. Kita estimasikan harga jual kambing dengan usia kambing 9 bulan maka mencapai Rp. 1.500.000. maka keuntungan kotor yang didapatkan adalah mencapai Rp. 15.000.000. Dengan total pendapatan bersih mencapai Rp. 8.100.000 setiap 9 bulannya.

Estimasi tersebut merupakan harga standar atau normal. Apabila kambing yang dijual pada hari-hari tertentu pada hari-hari besar seperti idul adha maka harga yang ditawarkan bisa naik 2 x lipat. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang tergiur untuk menjalankan usaha ternak kambing. Selain mudah untuk dijalankan, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Ilustrasi diatas juga kami mengestimasikan dengan bantuan 1 orang karyawan, tapi jika Anda bisa merawatnya sendiri maka keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar.

Belum lagi, jika dalam waktu 9 bulan seekor kambing akan melahirkan anak kambing tentu keuntungannya jauh lebih besar. Ditambahkan dari penjualan susu dan kotoran kambing yang mempunyai manfaat tersendiri dan bisa dijadikan pundi-pundi pendapatan juga. Apabila, bisnis ternak kambing telah berjalan beberapa tahun maka Anda tidak perlu lagi menambahkan biaya kandang dalam daftar analisa modal Anda. Tapi, cukup dengan biaya perawatan kandang, dimana harganya jauh lebih murah tidak semahal dengan estimasi awal.

Pada dasarnya, keuntungan yang didapatkan oleh peternak kambing tidak hanya semata-mata uang saja. Tapi, bisa Anda lihat dengan pupuk kandang yang nantinya diperoleh dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Dimana, harga pupuk kandang saat ini terbilang cukup mahal. Selain itu, manfaat dari pupuk kandang juga kerap dimanfaatkan mereka agar tanaman menjadi lebih subur. Dengan demikian, Anda berasa mendapatkan keuntungan yang berlimpah bukan?

Salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan atas usaha ternak kambing adalah penentuan dari pakannya itu sendiri. Semakin tepat pakan yang diberikan maka proses penggemukan kambing semakin sehat. Apabila kondisi kambing sehat dan gemuk maka jauh lebih memberikan keuntungan bagi Anda.

Adapun pakan kambing yang sering direkomendasikan adalah pakan ternak yang bersifat instan karena mempunyai kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serat dengan komposisi yang tetap dan berstandar sehingga dapat meningkatkan bobot kambing secara teratur dan cepat. Tentu, pakan ini bisa dijadikan alternatif lain bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam mencari rumput hijau. Namun, jika Anda masih cukup mudah untuk mendapatkannya maka bisa diberikan makanan hijau-hijauan dari kebun karena nutrisi makanannya juga baik.

Demikian, ulasan yang dapat kami sampaikan terkait dengan peluang usaha ternak kambing, beserta analisa modal dan keuntungan yang didapatkan. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi Anda para peternak pemula yang ingin beternak kambing. Pada dasarnya, kunci kesuksesan dari beternak kambing adalah perawatan yang diberikan dan pemilihan makan yang tepat.

Sebaiknya, jika ingin memberikan makanan rumput pada kambing sebaiknya saat kondisi masih fresh langsung diberikan tanpa perlu menunggu layu. Terkait dengan analisa modal diatas maka kami hanya mengestimasikannya saja, dalam artian harga kambing yang ditawarkan di pasaran sudah pasti setiap saat dapat berubah-ubah.