Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat

Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat -- Bisnis Ternak yang Mudah Dijalankan, Laris dan Untung, Ternak yang Menguntungkan dan Cepat Panen,  Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dan Cepat Menguntungkan, Contoh Usaha Ternak Hewan yang Menguntungkan, Ternak yang Menguntungkan Saat Ini, Ternak Menguntungkan Modal Kecil, Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit, Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan dalam Waktu Singkat.


Berbicara mengenai usaha yang menguntungkan ternyata bukan hanya dengan usaha yang menjual barang atau jasa saja. Namun, sekarang ini ada juga usaha dalam budidaya serta ternak yang sudah terbukti masih menghasilkan banyak keuntungan, terutama karena usaha ternak adalah salah satu bahan untuk konsumsi yang diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari manusia. Hal ini juga sangat cocok bagi Anda yang bertempat tinggal di lingkungan pedesaan.

Memilih beternak di lingkungan pedesaan karena tempat tersebut masih menyediakan banyak ruang yang bisa digunakan dalam proses budidaya maupun ternak. Selain itu, di lingkungan pedesaan juga masih terdapat banyak macam tumbuhan serta tanaman liar yang mana merupakan bahan pakan untuk ternak. Jadi, lingkungan pedesaan dinilai sangat sesuai untuk dijadikan pilihan dalam usahaternak serta budidaya.

Di Indonesia sendiri ada banyak macam ternak dan budidaya yang mudah dijalankan serta menjanjikan untung yang banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa usaha ternak serta budidaya yang mudah dijalankan, menguntungkan, dibutuhkan, dan bisa jadi pilihan Anda dalam merintis sebuah usaha ternak. 

17 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat

1. Usaha Ternak Ayam Pedaging

Usaha ternak yang pertama adalah dengan budidaya atau ternak ayam pedaging atau yang lebih sering disebut dengan ayam boiler. Usaha ayam pedaging maupun ayam boiler sangat banyak ditemukan di daerah pedesaan. Usaha yang satu ini memang sudah terkenal dengan usaha yang mudah dijalankan serta memberikan potensi keuntungan yang cukup besar. Yang menjadi alasan tentu saja disebabkan oleh kebutuhan masyarakat Indonesia akan daging ayam sekarang masih jauh dari kata cukup.

Apalagi dalam waktu tertentu seperti waktu menjelang hari raya, para pelaku usaha ternak ayam pedaging atau boiler dapat meraup keuntungan berlipat ganda dari hari biasanya. Hal ini disebabkan dagangannya yang laris manis dituju para pembeli terutama mereka yang akan memasak ayam jelang hari raya. Selain hari raya umat Islam, ketika menjelang hari besar pun harga untuk daging ayam bisa melambung jauh sehingga keuntungan yang diperoleh dari usaha ini menjadi berlipat ganda.

Maka tidak ada salahnya jika Anda memilih ternak atau budidaya ayam pedaging sebagai usaha yang akan menguntungkan bagi Anda. usaha ayam pedaging atau ayam boiler juga akan memberikan banyak manfaat untuk Anda antara lain bisa mencukupi kebutuhan keluarga, menyediakan kebutuhan akan protein hewani, bisa memberikan pelatihan dan pendidikan keterampilan untuk remaja, mengisi waktu luang ketika pensiun, menjadi tabungan di hari tua, serta memanfaatkan kotoran ayam pedaging untuk dijadikan pupuk.

2. Usaha Ternak Sapi

Usaha ternak serat budidaya yang selanjutnya adalah dengan beternak sapi. Alasan memilih sapi untuk dijadikan hewan ternak karena sapi adalah satu dari sekian bahan pangan yang utama selain beras dan minyak. Perlu Anda ketahui jika permintaan akan daging sapi di Indonesia saat ini bisa dikatakan besar. Terutama dalam memenuhi kebutuhan nasional sehingga membuat pemerintah harus mengimpor sapi seperti dari India dan Australia.

Hal ini yang menyebabkan harga untuk daging sapi di Indonesia menjadi sangat mahal atau tinggi sekarang ini dari pada negara tetangga yang di Asia Tenggara.  Hal tersebut sangat disayangkan terutama jika diperhatikan Indonesia ini berpotensi, selain itu dengan melihat keadaan alam yang masih mendukung sebagai tempat budidaya serta ternak sapi.

Biasanya pelaku usaha ternak atau budidaya sapi bisa mengalami peningkatan untuk pesanan ketika menjelang hari raya umat Islam yaitu Idul fitri dan idul adha. Apalagi saat hari raya kurban, banyak kaum Muslim yang akan melakukan kurban pasti membeli sapi terlebih dahulu sebelum dikurbankan karena sekarang hampir tidak ditemukan orang yang memelihara sapi di rumahnya. Saat itu, keuntungan dari peternak sapi akan mengalami kenaikan yang pesat sebab untuk harga sapi ikut melambung tinggi.

Informasi tambahan mengenai harga dari daging sapi di Indonesia 1 kg dapat mencapai 90 ribu hingga 130 ribu. Sedangkan untuk harga normalnya biasanya untuk 1kg harganya sekitar 80 ribu. Bukankah sangat mahal? Oleh karena itu, apabila Anda menginginkan usaha ternak yang menjanjikan keuntungan banyak maka ternak sapi adalah solusinya.

3. Usaha Ternak Kambing

Usaha ternak berikutnya yang bisa Anda jalankan dengan mudah dan memberikan banyak keuntungan adalah dengan ternak kambing. Alasan memilih kambing untuk usaha ternak dikarenakan kambing merupakan hewan yang cukup mudah dipelihara. Selain itu, yang menjadi pertimbangan untuk membuka usaha ini adalah karena keuntungan yang bisa diperoleh dalam waktu yang singkat. Usaha ternak atau budidaya kambing mudah ditemukan di daerah pedesaan.

Tidak sedikit dari masyarakat yang tinggal di pedesaan memilih untuk beternak kambing. Karena selain bertani serta bercocok tanam, usahaternak kambing juga sangat menguntungkan untuk dijadikan usaha sampingan mereka. Meskipun hanya untuk sampingan, namun usaha ternak kambing ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Hal ini juga disebabkan oleh banyaknya yang mengkonsumsi daging kambing.

Jadi tidak heran apabila harga untuk daging kambing saat ini terbilang cukup mahal, terutama ketika menjelang hari raya kurban yang mana kambing banyak dicari untuk dijadikan hewan kurban pengganti dari sapi dan unta.

4. Usaha Ternak Bebek Petelur dan Pedaging

Dalam bidang peternakan salah satu usaha yang tidak boleh terlewatkan oleh pelaku usaha yang menginginkan untung banyak adalah usaha ternak bebek. Jadi, suatu hari ada orang yang akan beternak bebek kemudian membutuhkan modal sebesar 1,5 juta dalam pembuatan kandang untuk bebek, pakan untuk bebek, serta bibit bebek. Alasan dia beternak bebek karena melihat peternak bebek yang ada di sawahnya mempunyai rumah mewah serta mobil yang diperoleh dari keuntungan beternak bebek.

Peternak bebek yang telah sukses tersebut mempunyai bebek sebanyak 1000 ekor. Satu hari saja, dari bebek ternaknya bisa mendapatkan 1000 telur. Untuk harga satu butir dihargai 2000. Jadi dapat dihitung untuk satu hari saja peternak bebek bisa mendapat untuk 2 juta. Apabila satu bulan maka untung yang di dapat adalah 30 x 2 juta menjadi 60 juta tiap bulannya. Hal tersebut yang membuat peternak bebek banyak yang kaya.

Oleh karena itu, orang tersebut akhirnya memutuskan untuk beternak bebek dengan modal 1,5 juta.

5. Usaha Ternak Lele

Seperti yang Anda ketahui jika usaha ternak lele masih jadi usaha yang populer untuk sebagian peternak ikan. Alasan yang membuat usaha ternak ikan lele menjadi favorit adalah karena untuk masa panen ikan ini sangat cepat, yaitu kurang dari 3 bulan sehingga para pelaku usaha ternak lele bisa mendapatkan keuntungan sangat besar dengan waktu yang lumayan singkat. 

Seperti yang Anda ketahui saat ini jika lele merupakan ikan konsumsi yang sudah dijadikan sebagai menu hidangan pada beberapa rumah makan. Hal ini dapat dilihat ketika malam hari, ada banyak pedagang di pinggir jalan yang menjual pecel lele untuk hidangan utamanya.Mengenai kelebihan yang laindari ternak lele yaitu dapat dilakukan pada lahan yang sempit serta terbatas. Kemudian bisa menggunakan kolam yang dibuat dari terpal.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak serta sangat mudah dijalankan, sehingga ternak lele adalah peluang usaha yang sesuai untuk pemula.

6. Usaha Ternak Burung

Usahaternak yang berikutnya adalah ternak burung yang sedang populer saat ini yaitu lovebird. Untuk menjalankan usaha ternak burung cukup mudahbaik dengan cara rumahan atau sampingan. Perlu Anda ketahui untuk permintaan dari unggas berkicau tersebut sangat tinggi. Seperti yang bisa Anda lihat saat ini, banyak rumah yang memiliki burung di dalam sangkar tergantung di teras rumah. Dalam memulai usaha ternak burung Anda harus telaten serta teliti dalam merawat burung.

Karena jika tidak dirawat burung akan menjadi mudah mati, jadi Anda harus selalu pastikan memberi makan pada hewan berkaki dua tersebut dengan teratur. 

7. Usaha Ternak Jangkrik

Usaha berikutnya adalah dengan ternak jangkrik, yang mana saat ini telah menjadi hewan ternak yang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan jangkrik banyak diminati pemilik burung, ikan, serta hewan lainnya misalnya belut untuk dijadikan sebagai pakan. Harga dari jangkrik tidak bisa dianggap remeh, hal ini bisa dilihat dari pemilik ternak burung yang mengeluarkan uang hingga ratusan ribu hanya untuk membeli jangkrik. Jadi bisa disimpulkan ternak jangkrik dapat memberikan banyak keuntungan.

8. Ternak Ayam Kampung

Untuk orang yang bertempat tinggal di desa memiliki ternak ayam kampung adalah hal yang biasa. Usaha ini sudah biasa mereka jalankan, dari satu ekor ayam kemudian dibiakkan menjadi puluhan ekor ayam. Untuk menjualnya juga cukup mudah karena nanti bandar ayam kana datang sendiri setiap harinya untuk menawarkan pembelian dengan harga yang tinggi. 

Selain usaha ayam kampung, Andajuga bisa mengombinasikan ayam bangkok yang dapat memberi keuntungan berlipat.

9. Usaha Ternak Burung Puyuh

Berikutnya ada usaha ternak yang juga menggiurkan yaitu ternak burung puyuh. Keuntungan dapat didapat dari penjualan telurnya. Karena permintaan telur puyuh saat ini sangat tinggi. Atau Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari menjual bibit burung puyuh.

10. Usaha Ternak Belut

Bagi Anda yang tinggal di sekitar laut maka ternak belut dapat menjadi pilihan dalam membuka usaha. Usaha ini sangat menjanjikan banyak keuntungan, selain itu dalam menjalankan usaha juga sangat mudah. Cara ternaknya juga bisa dilakukan di tempat yang sempit terbatas yaitu dengan drum maupun kolam kecil.

11. Usaha Ternak Ikan Nila

Seperti yang sudah diketahui jika ikan nila merupakan ikan yang banyak peminatnya untuk dikonsumsi. Banyak dari rumah makan atau restoran yang memburu ikan satu ini untuk dimasak menjadi menu spesial bagi pecinta kuliner. Harga untuk ikan nila sendiri terbilang tinggi serta cukup stabil tiap tahunnya. Oleh karena itu, ternak ikan nila dapat Anda jadikan alternatif sebagai usaha yang mudah dijalankan dan menghasilkan banyak keuntungan.

12. Usaha Ternak Ayam Petelur

Jika sebelumnya telah membahas usaha ternak ayam pedaging atau ayam boiler, maka kali ini akan membahas peluang usaha ternak dari ayam petelur yang tentu saja bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Usaha ini sangat menguntungkan karena kebutuhan masyarakat akan telur ayam setiap harinya semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari penjualan untuk telur ayam di toko maupun warung sembako yang lumayan tinggi untuk tiap bulannya.

Terlebih lagi, telur ayam adalah salah satu kebutuhan yang utama bagi manusia serta tentunya pada setiap dapur akan dengan mudah didapati telur ayam yang bisa dijadikan lauk sewaktu-waktu dengan caradi rebus atau digoreng. Melihat hal tersebut, maka dapat dikatakan usaha ternak ayam petelur adalah usaha yang sangat menjanjikan dengan modal kecil.

13. Usaha Ternak Lebah Madu

Tentu Anda sudah mengetahui jika madu merupakan makanan yang mengandung banyak khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Pada beberapa stasiun TV banyak yang menawarkan madu yang mempunyai banyak khasiat, madu yang asli, serta rasanya yang enak. Hal ini disebabkan karena madu banyak disukai oleh semua orang sejak dahulu sampai sekarang.

Rasanya yang manis serta bisa membuat tubuh menjadi sehat adalah salah satu yang menjadi alasan orang mau untuk mengkonsumsi nya setiap hari. Oleh karena itu, usaha ternak lebah madu adalah usaha yang sangat menguntungkan dengan perolehan keuntungan mencapai tiga kali lipat dari modal.

14. Usaha Ternak Burung Walet

Usaha yang berikutnya adalah dengan menjalankan usaha ternak burung walet. Usaha ini dari dahulu sudah menjanjikan banyak keuntungan. Banyak orang yang telah menjadi jutawan dikarenakanmempunyai usaha ternak yaitu burung walet. Terlebih lagi saat ini pasar ekspor yang terbuka lebar dengan harga jual yang sangat tinggi. Usahaternak burung walet dapat dijalankan dengancara sampingan di sekitar rumah.

15. Usaha Ternak Udang

Salah satu usaha yang ada di bidang ternak dan tidak boleh untuk dilupakan pelaku usaha yang menginginkan untung besar yaitu usaha ternak udang. Usaha ternak udang dapat dijadikan sebagai pilihan usah ayang sesuai untuk Anda yang mana sedang mencari peluang usaha saat ini. Perlu Anda ketahui jika pangsa pasar dari ternak ini sangat luas, mulai dari pasar nasional sampai ke pasar ekspor. 

Banyak pelaku usaha ternak udang yang menjadi kaya dan sukses karena beternak udang. Oleh karena itu, beternak sudah bisa dijadikan usaha yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Kebanyakan dari mereka yang beternak udang akan memperoleh keuntungan dari satu kali panen bisa mencapai 50 juta. 

16. Usaha Ternak Ikan Kakap

Usaha yang satu ini mungkin jarang dilakukan, namun keuntungan dari usaha ini sangat besar dan mudah dalam pengerjaan nya yaitu usaha ternak ikan kakap. Seperti yang telah Anda ketahui jika ikan kakap merupakan makanan favorit semua orang, karena cita rasanya yang lezat membuat pecinta kuliner menjadi ketagihan. Untuk harga ikan kakap ini bisa dibilang cukup tinggi, hal ini bisa Anda lihat ketika makan di tempat makan untuk harga menu ikan kakap pasti mahal. 

Oleh karena itu, usaha ternak ikan kakap ini bisa dijadikan alternatif untuk menjalankan usaha dengan banyak keuntungan.

17. Usaha Ternak Keroto (Semut Rangrang)

Selain usaha ternak jangkrik, ternyata usaha ternak keroto dapat Anda jalankan untuk memperoleh untung yang banyak. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dari pelaku usaha ternak burung yang menjadikankeroto sebagai pakan burung mereka. Selain keuntungan yang besar, usaha ternak keroto juga sangat mudah dijalankan. Bahkan Anda bisa memulainya hanya denganmodal 500 ribu saja.

Itulah di atas ulasan mengenai 17 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat. Anda dapat memilih salah satu dari usaha ternak di atas untuk dijalankan dan bisa memperoleh banyak keuntungan.