Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan -- Bisnis Menjanjikan dan Menguntungkan yang Cocok untuk Mahasiswa, Bisnis untuk Mahasiswa Pemula, Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan, Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil, Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa, Bisnis Sampingan yang Menjanjikan untuk Mahasiswa, Contoh Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil, Ide Bisnis untuk Mahasiswa


Sebagai seorang mahasiswa memang hal yang paling utama adalah belajar agar bisa segera lulus dan mencari pekerjaan yang layak. Namun tidak jarang ada banyak orang yang mencari peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan karena kondisi keuangan yang memang mengharuskan mereka mencari tambahan biaya.

Pekerjaan sampingan dengan menjadi pekerja di sebuah tempat memang bisa menjadi solusi, tetapi jam yang terikat bisa membuat mereka yang tidak pintar membagi waktu malah menjadi keteteran. Ujungnya studi mereka menjadi terbengkalai dan menjadi lebih lama lulus. Maka dari itu lebih banyak mahasiswa yang ingin membuka usaha sendiri.

Selain waktunya bisa lebih fleksibel, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan penuh dari usaha yang mereka jalankan. Tetapi kendala yang biasa dihadapi tentu adalah masalah modal. Tidak banyak yang bisa mendapatkan pinjaman dengan nominal besar mengingat status mereka yang masih mahasiswa, yang notabene belum dipercaya diberikan pinjaman karena belum bisa menghasilkan uang.

Maka dari itu biasanya bisnis yang dimulai adalah bisnis yang hanya menggunakan modal kecil. Namun bukan berarti bisnis modal kecil semacam ini tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Semuanya tentu tergantung dari konsistensi dan juga kerja keras dari individu itu sendiri. Selain itu, kecermatan dalam melihat peluang bisnis juga bisa menjadi solusi.

Beberapa Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan Yang Bisa Dicoba

1. Membuka Jasa Tutor

Bagi Anda yang memiliki kemampuan intelegensi lebih, salah satu peluang untuk bisa mendapatkan uang tambahan adalah dengan mendirikan tempat les. Anda dapat memberikan kursus sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Anda dapat membuka kursus pelajaran untuk anak sekolah. Mendirikan jasa sendiri jelas lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda ikut bergabung dengan tempat kursus, terlebih karena keuntungan menjadi milik Anda sendiri. Namun jelas Anda harus bekerja lebih giat untuk bisa mendapatkan konsumen jasa tutor Anda.

Selain pelajaran, Anda juga dapat memberikan kursus musik, seperti gitar, keyboard, drum maupun keahlian musik lainnya. Kursus semacam ini juga memiliki tarif yang cukup mahal, terlebih jika alat musik yang Anda kuasai tidak terlalu familiar.

2. Buka Jasa Mural dan Desain

Bagi Anda yang suka menggambar, maka jasa seperti membuat karikatur, sketsa wajah, lukisan maupun mural bisa Anda tawarkan. Jasa semacam ini tidak akan lekang dimakan waktu, sebab tidak banyak orang yang bisa melukis dengan indah. Terlebih lukisan dengan aliran surealis.

Namun tentu Anda harus bisa beradaptasi dengan berbagai macam media, mulai dari kanvas, tembok dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat membuat clothing line sendiri dengan desain kustom. Anda dapat melukis di atas media kaos, sepatu, maupun tas dan topi. Atau Anda juga bisa menuangkan lukisan Anda di atas mug keramik yang bisa dijadikan souvenir.

Peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan semacam ini bisa Anda mulai kapan saja, dengan modal yang minim. Konsumen pertama mungkin hanyalah teman sesama mahasiswa, tetapi jika Anda tekun, maka bisa jadi pesanan datang dari seluruh penjuru dunia.

3. Menjual Barang Preloved

Terkadang barang yang dianggap sampah oleh orang bisa menjadi harta karun bagi orang lain, contohnya adalah pakaian bekas. Ada beberapa orang yang hanya mau memakai pakaian sebanyak 1-2 kali dan kemudian tidak ingin mengenakannya lagi. Ini bisa jadi peluang bagus untuk Anda.

Sekarang ini jual-beli barang preloved atau bekas memang sedang marak. Ada sebagian besar orang yang lebih memilih menggunakan barang preloved asal bermerek daripada barang baru tanpa merek. Ada pula yang berpikir bahwa membeli barang preloved yang masih bagus lebih ekonomis dibandingkan dengan barang baru yang mahal tetapi tidak pasti akan terus dipakai.

Anda dapat mulai membuka garage sale, atau menjualnya lewat aplikasi jual-beli. Keluarkan barang preloved Anda yang sudah jarang terpakai. Anda dapat memodifikasinya sehingga nampak lebih bagus atau biarkan saja apa adanya. Yang terpenting adalah Anda menyajikan foto terbaik jika ingin memajangnya di media sosial.

Anda juga dapat membeli barang preloved yang masih bagus dari orang lain dan menjualnya kembali. Lakukan beberapa modifikasi yang bisa membuat barang tersebut menjadi memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

4. Jual-Beli Barang Antik

Bagi Anda yang suka menjelajah pasar seni, maka jangan sia-siakan waktu hanya dengan menikmati keindahan benda antik di sana. Anda bisa membuka peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan dengan menawarkan barang antik dalam laman media sosial Anda. Hal ini akan lebih mudah jika Anda memiliki komunitas yang memiliki hobi serupa dengan Anda.

Anda tidak harus membuat stok barang. Anda cukup meminta izin untuk memfoto barang antik tersebut dan menawarkannya ke rekanan maupun laman promosi Anda sendiri. Atau Anda juga bisa membuka jasa titip beli barang antik dengan syarat dan ketentuan yang Anda tetapkan sesuai kesepakatan sebelum transaksi. Walaupun terlihat tidak biasa, namun ada banyak orang yang bisa meraup keuntungan dengan menjalankan bisnis semacam ini.

5. Jasa Event Organizer

Memang untuk bisa mendapatkan proyek mengorganisir acara besar pasti butuh waktu. Anda bisa memulai dengan menjadi EO dalam acara kecil. Misalnya acara ulang tahun anak-anak. Lambat laun kemampuan Anda dan pengalaman akan mengantarkan Anda menjadi EO besar.

Anda dapat berkolaborasi dengan teman yang memiliki kemampuan sulap, MC, bermain musik atau kemampuan lain yang bisa digunakan untuk melengkapi tim Anda. Kerjasama semacam ini penting, terutama jika modal yang Anda miliki terbatas. Walaupun nanti keuntungan harus dibagi, namun Anda akan mendapatkan peluang kerjasama yang lebih banyak lagi.

6. Jasa Fotografi

Memiliki kenangan akan sebuah momen menjadi keinginan besar sebagian besar orang, biasanya kenangan ini disimpan dalam bentuk foto maupun video. Namun, sekarang ini bukan hanya momen besar yang membutuhkan fotografer handal, momen sekelas liburan biasa atau hanya untuk unggahan di media sosial juga banyak yang menggunakan jasa fotografer.

Jika Anda memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, maka tidak ada salahnya mencoba menjalankan peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan seperti ini. Anda bisa mencoba dengan kamera pinjaman terlebih dahulu jika memang Anda belum punya kamera profesional sendiri. Toh, bukan kameranya yang akan dipermasalahkan namun kualitas hasil jepretan.

Anda dapat menetapkan tarif dalam hitungan per jam maupun per jepretan. Biasanya untuk lokasi outdoor, Anda dapat mengenakan tarif ekstra, terlebih jika harus ke luar kota. Tawarkan jasa Anda kepada teman mahasiswa yang akan wisuda, maupun ulang tahun.

Walaupun usaha ini baru dibuka, Anda harus tetap menjalaninya seperti seorang profesional berpengalaman. Jangan lupa juga tingkatkan kemampuan dalam menyunting foto maupun video, hal ini akan menjadi nilai tambah untuk usaha Anda.

7. Membuat Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menyulap benda-benda biasa menjadi luar biasa, inilah saatnya untuk menjalankan bisnis Anda sendiri. Ada begitu banyak kerajinan tangan yang bisa Anda jadikan komoditas dalam berniaga. Salah satunya adalah gelang. Membuat gelang dari tali khusus dan dipadukan dengan bebatuan alami bisa menjadi alternatif barang dagangan Anda.

Selain itu gelang dengan bahan kawat yang disertai dengan mote aneka warna juga bisa Anda ciptakan. Desain gelang semacam ini bisa Anda dapatkan dari mana saja. Bahan untuk membuatnya juga ada banyak di toko-toko aksesori. Tentunya peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan bisa Anda capai jika jalannya sangat mudah semacam ini.

Lain gelang, lain lagi dengan cover laptop atau tablet. Anda dapat membuat penutup gawai ini dari bahan kulit asli maupun sintetis dengan desain yang bisa Anda buat sendiri, kustom sesuai permintaan pelanggan maupun mengambil dari internet yang tidak memiliki hak cipta. Harga yang terjangkau serta desain yang unik bisa Anda jadikan penawaran.

Contoh kerajinan tangan lain yang bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda adalah produk daur ulang. Mulai dari botol bekas, kancing baju hingga baju bekas bisa Anda sulap menjadi barang baru yang harga jualnya lebih tinggi. Untuk tutorial pembuatannya, Anda dapat mencari berbagai channel Youtube, video Instagram, Pinterest dan platform lainnya.

Selain selalu mencari ide segar, sebagai seorang pebisnis pemula, Anda juga harus banyak belajar dan memiliki beberapa pedoman. Pegangan ini akan sangat berguna tatkala Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis. Jangan ragu untuk bertanya dan belajar, sebab gagal atau suksesnya bisnis tergantung dari Anda sendiri.

Pegangan Agar Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan Yang Anda Jalankan Tidak Terlewat

1. Panutan

Dalam hidup, seseorang pasti memiliki sosok idola yang dibanggakan. Jalan hidup dari idola ini menjadi inspirasi yang dianut agar seseorang tersebut bisa lebih baik. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis, terlebih bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis start-up.

Jangan lupa bahwa membuka bisnis sangat rawan kegagalan jika tidak direncanakan dengan matang. Untuk meminimalisasi kegagalan dengan kerugian yang besar, Anda dapat mencari panutan yang sekiranya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Anda dapat mempelajari kisah hidupnya, pengalaman bisnisnya dan keputusan-keputusannya yang bisa Anda adaptasikan.

Memang tidak akan bisa berjalan seratus persen mulus, sebab setiap usaha, walau dalam bidang yang sama, akan memiliki kesulitannya sendiir-sendiri. Namun paling tidak Anda sudah memiliki gambaran dalam mengambil keputusan.

2. Rekan Kerja 

Dalam menjalankan peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan, maka sangat jarang jika bisa berjalan lancar tanpa ada rekan kerja, baik mereka yang menyokong masalah dana, maupun pemikiran dan tenaga. Hal ini juga bisa Anda terapkan jika Anda ingin usaha menjadi besar.

Namun pastikan Anda memilih rekan yang mempunyai visi yang sama dengan Anda. Jangan sampai malah nanti bisnis menjadi terbengkalai karena perpecahan di antara Anda dan rekan kerja. Selain itu, pilihlah rekan kerja yang mau terbuka, terutama dalam masalah penghitungan modal dan laba. Hal ini penting, sebab seringkali uang menjadi pemicu keretakan suatu hubungan, tidak terkecuali hubungan kerja.

3. Kerja Keras

Tidak ada usaha yang akan mengkhianati hasil. Jika Anda bekerja dengan keras, maka hasil yang akan Anda dapatkan pastinya juga akan bagus. Selain kerja keras, Anda juga harus kerja cerdas, yaitu mampu melihat peluang di tengah masalah sekalipun. Kerja keras ini berhubungan erat dengan sifat pantang menyerah, terutama jika Anda sedang mengalami kegagalan.

Tidak banyak pengusaha yang mampu bangkit ketika bisnis mereka terpuruk. Kepercayaan pada kemampuan diri dan berserah adalah hal yang juga harus mengiringi kerja keras. Jika menanamkan sikap ini dalam bidang pekerjaan apapun maka sudah pasti bisnis Anda akan terus berputar dan bertahan di tengah persiangan.

4. Waktu Adalah Uang

Ketika menghadapi pelanggan, maka selalu perhatikan kualitas termasuk dalam efisiensi waktu. Terutama jika Anda bekerja di bidang jasa, maka waktu adalah hal yang sangat penting. Selalu usahakan untuk menepati semua janji dan membereskan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan sebesar apapun akan cepat berlalu jika Anda menjadi pebisnis yang tidak bisa dipercaya. Maka dari itu, menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha.

Jika tidak bisa menyelesaikan tepat waktu, ataupun ada kendala di dalam proses pengadaannya, selalu lakukan komunikasi dengan pelanggan. Kadang kala memang kita harus merugi, karena mengembalikan uang konsumen atau konsekuensi lain yang timbul dari masalah tersebut, tapi ini lebih baik daripada konsumen Anda hilang.

5. Cari Karyawan Terbaik

Jika bisnis Anda sudah mulai berjalan, Anda tentu akan kuwalahan ketika menghadapi pesanan. Maka tidak ada salahnya Anda mencari karyawan yang bisa bekerja bersama dengan ketentuan Anda. Namun sebelumnya, Anda sudah harus menghitung secara rinci pemasukan, pengeluaran dan keuntungan yang Anda miliki sebelum menentukan besar gaji pegawai.

Jangan terburu-buru dalam memilih pegawai. Pastikan Anda memilih yang benar-benar memiliki niat dalam bekerja. Selain itu kejujuran dan keterbukaan adalah kunci lain agar hubungan kerja bisa berjalan lancar.

6. Buat Penghitungan

Sama seperti yang sudah disinggung di atas, penghitungan adalah hal yang utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran setiap hari dan juga penghitungan berkala untuk audit, Anda akan bisa menghitung untung atau rugi bisnis yang Anda jalani.

Penghitungan ini juga dapat menjadi jalan untuk membuka pos pengeluaran lain, terutama ketika Anda akan berkekspans menjalankan bisnis baru atau membuat terobosan layanan dan menu baru.

Selalu lakukan pembukuan dengan rajin. Ada banyak aplikasi pembukuan yang bisa Anda unduh jika Anda tidak cukup piawai dalam hal pembukuan. Atau Anda juga bisa meminta tolong teman atau keluarga yang memiliki kemampuan pembukuan yang mumpuni.

7. Selalu Update Informasi

Setiap harinya ada begitu banyak kejadian yang bisa membawa dampak bagi bisnis Anda. Selain berita bagus tentu juga ada berita buruk. Maka dari itu, untuk menghindari kejadian bangkrut, Anda harus selalu tanggap dengan isu yang sedanga hangat, terutama yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Selain itu, paham akan tren terbaru juga bisa membuat Anda lebih mudah dalam menangkap peluang pasar. Anda bisa berinovasi dan membuat tren Anda sendiri. Kepiawaian semacam ini tentunya perlu diasah dan Anda dijamin tidak akan terlewat ketika peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan ada di hadapan Anda.

Itulah beberapa Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan yang bisa anda coba. Jalankan salah satu usaha yang sesuai dengan minat dan potensi usaha di daerahmu.