Peluang Usaha untuk Pelajar dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha untuk Pelajar dengan Modal Kecil yang Menguntungkan  -- Bisnis yang Cocok Untuk Pelajar SMP-SMA, Bisnis Pelajar yang Menguntungkan, Bisnis Online untuk Pelajar, Peluang Bisnis Anak Sekolah, Bisnis Tanpa Modal untuk Pelajar / Siswa, Rahasia Peluang Usaha Buat Anak Sekolahan, Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Bisnis untuk Mahasiswa Pemula, Bisnis Anak Sekolah Tanpa Modal


Untuk memulai membuka usaha Anda tidak dianjurkan untuk menjadi dewasa terlebih dahulu karena sekarang pun sudah banyak terdapat peluang usaha yang sangat menguntungkan serta dapat dilakukan oleh siapa pun termasuk dilakukan oleh anak remaja atau pelajar. Para pelajar biasanya mempunyai waktu luang yang sangat banyak sehingga ketika menjalankan sebuah usaha tidak akan begitu terganggu.

Ada beberapa jenis usaha yang bisa pelajar pilih untuk mengisi waktu liburan akhir pekan atau libur semester sehingga bisa untuk menambah uang saku dan belajar bisnis sejak awal. Karena usaha untuk seorang pelajar tidak hanya akan memberikan keuntungan melainkan banyak pelajaran yang akan diperoleh dari usaha yang dapat menambah wawasan untuk pelajar dalam mengelola keuangan, berkomunikasi dengan semua tipe orang, belajar marketing, dan lain sebagainya.

Atau Anda yang sedang kuliah bisa memilih usaha sampingan selain untuk menambah uang saku tetapi juga bisa untuk dijadikan pengalaman dan bisa mengetahui pekerjaan apa yang dapat Anda lakukan ketika lulus kuliah nanti. Berikut ini ada 20 peluang usaha yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai pelajar atau mahasiswa.

20 Peluang Usaha untuk Pelajar dengan Modal yang Menguntungkan 

1. Drop shipper atau Reseller Produk yang Sedang Trend

Peluang usaha yang pertama untuk Anda seorang pelajar adalah dengan menjadi drop shipperatau menjadi reseller dari produk yang sedang menjadi tren saat ini. Usaha ini bisa dikatakan menguntungkan karena di samping memanfaatkan tren saat ini juga usaha ini sangat mudah dijalankan. Yang perlu Anda ingat adalah keberhasilan dari usaha ini tergantung dari teknik marketing yang Anda lakukan.

Anda sebagai pemula dapat mengawali usaha dengan cara menjual produk-produk kecil dengan harga yang murah dan hanya membutuhkan modal yang sedikit. Anda bisa menjual aksesoris yang sedang tren maupun barang-barang mainan yang sedang menjadi favorit semua orang misalnya squishy dan slime.

2. Usaha Karya Tulis

Mempunyai hobi menulis tidak bisa dianggap remeh seba sudah banyak bukti jika hobi menulis bisa untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Bagi Anda yang mempunyai hobi menulis, selain bisa membuat Anda menonjol serta mudah untuk membuat karya tulis atau makalah ternyata bisa juga untuk dijual sehingga akan menambah uang saku. Karya tulis yang dahulunya sering dijual pada media-media informasi misalnya koran dan majalah, namun sekarang ini banyak terdapat media online yang membutuhkan jasa penulis.

Seperti website yang sekarang ini membutuhkan penulis yang banyak untuk mengisi konten dengan berbagai macam topik di web tersebut. Jadi, mempunyai hobi menulis bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menjanjikan banyak keuntungan. Selain itu, Anda juga bisa belajar dalam menjalankan hobi di dalam dunia literasi.

3. Endorser

Apabila Anda sebagai pelajar sering bermain media sosial tentu akan mengetahui kata endorser atau yang berarti supporter atau pendukung serta mempunyai padanan kata reviewer di dalam dunia usaha tentu bukanlah hal yang asing. Saat ini sudah banyak pemilik toko online yang memilih untuk membuka kesempatan bagi semua orang meskipun bukan seorang artis akan tetapi cukup tenar agar ikut mempromosikan produk yang mereka tawarkan.

Dengan adanya peluang ini, maka akan sangat menguntungkan serta bermanfaat untuk Anda sebagai seorang pelajar yang dapat memanfaatkan kemampuan milik Anda serta waktu luang yang lumayan banyak dalam menghasilkan uang serta menambah uang saku.

4. Usaha Membuka Melakukan Bimbingan Belajar

Untuk menjadi seorang guru maka wajib mempunyai bekal ilmu sehingga banyak orang yang beranggapan jika seorang guru adalah seorang yang sudah menempuh serta lulus dari perguruan tinggi dan mempunyai gelar sarjana. Namun, sekarang ini yang bisa menjadi seorang guru bukan hanya mereka yang sudah lulus dari perguruan tinggi saja, melainkan mereka yang masih pelajar pun bisa menjadi guru yang baik asalkan ilmu yang dimiliki telah cukup mumpuni.

Apabila Anda sebagai pelajar SMA maka bisa menjadi guru di bidang apapun yang Anda sukai untuk menjadi guru dari pelajar Sekolah Dasar atau Taman Kanak-Kanak yang sedang membutuhkan bimbingan belajar. Akan tetapi tarif yang diberikan untuk pelajar yang ingin menjadi guru pembimbing harus dengan tarif yang rendah terlebih dahulu. Karena tidak mempunyai jaminan seperti sertifikat yang bisa menjamin jika mereka telah mempunyai bekal ilmu yang cukup.

Anda bisa mempromosikan diri dalam menjadi guru pembimbing dengan cara langsung atau lewat media sosial yang sekarang ini sudah dimiliki oleh kebanyakan orang. Selain melakukan promosi lewat sosial media bahwa Anda adalah seorang guru pembimbing, sebagai pelajar yang kreatif Anda juga bisa memberikan pelatihan maupun bantuan berbayar untuk jasa bimbingan yang telah diberikan.

Yang perlu Anda ingat adalah untuk menjadi guru pembimbing yang bijak, jangan pernah Anda menawarkan jasa untuk mengerjakan tugas, namun bimbingan mereka agar bisa mengerjakan tugas secara mandiri.

5. Usaha Jual Pulsa Elektrik dan Kuota

Peluang usaha yang satu ini memang usaha yang umum, namun usaha yang satu ini juga banyak dibutuhkan oleh semua orang yang menggunakan perangkat seluler. Usaha tersebut adalah usaha jual pulsa elektrik dan kuota internet yang bisa dikerjakan oleh seorang pelajar yang akan memulai usaha karena selain bisa dijual, anda juga bisa menggunakan pulsa yang dijual untuk digunakan secara pribadi dibandingkan beli pada orang lain. Jadi, tidak akan ada sistem kedaluarsa serta ketinggalan tren di dalam usaha ini.

Menjual pulsa elektrik dan kuota internet pun tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga pelajar bisa melakukannya. Apabila usaha ini dapat dikelola dengan baik maka akan sangat menguntungkan bagi pelajar tersebut. Yang perlu Anda ingat dalam usaha ini adalah usahakan untuk menghindari hutang meskipun itu teman Anda. Karena hal tersebut nantinya akan berdampak buruk pada kembalinya modal pulsa yang Anda miliki.

6. Usaha Online Shop

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, hampir semua dilakukan dengan caraonline. Salah satunya yaitu dalam membeli berbagai jenis barang melalui internet atau toko online. Sekarang ini sudah banyak toko yang menjual berbagai macam produknya melalui online shop. Anda sebagai pelajar juga bisa membuka online shop dengan menjual berbagai macam jenis baju, rok, celana, aksesoris, sepatu, dan lain sebagainya yang membutuhkan modal tidak terlalu banyak.

Ada beberapa forum jual beli secara online yang memberi kemudahan dalam melakukan transaksi di dunia maya. Penjualan yang Anda lakukan tidak hanya untuk teman-teman, melainkan untuk pelanggan lainnya di dunia maya. Di Indonesia sendiri sudah banyak tersedia situs untuk jual beli secara online yang bisa dimanfaatkan dalam menjual produk milik pribadi maupun produk milik orang lain.

Jika Anda sebagai pelajar tidak mempunyai barang yang dijual, maka bisa menjual barang yang di dapat dari beberapa situs reseller atau drop ship. Sehingga modal yang Anda butuhkan tidak terlalu banyak, namun hasilnya sangat lumayan, tergantung dari tekun tidaknya Anda dalam menjalankan usaha tersebut.

7. Peluang Usaha Sewa Kamera

Untuk pelajar yang mempunyai hobi bermain play station, agar bisa memperoleh tambahan uang bisa dengan membuka jasa sewa play station. Selain itu, Anda sebagai pelajar yang mempunyai kamera serta hobi fotografi bisa mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sewa kamera yang Anda miliki. Kemudian, Anda yang mempunyai hobi fotografi juga bisa menjual hasil foto di beberapa situs yang menginginkan karya Anda tersebut.

8. Peluang Usaha Kue atau Makanan Ringan

Dahulu bagi seorang pelajar yang berjualan di sekolahan akan dilarang oleh pihak sekolah dan tidak ada peraturan yang memperbolehkan pelajar berjualan di dalam sekolahan. Namun seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan menjamurnya media sosial, maka Anda sebagai pelajar bisa menjual berbagai macam kue atau makanan ringan lainnya melalui media sosial tanpa takut mengganggu kegiatan dari belajar yang merupakan kewajiban Anda di sekolah.

Anda dapat mempromosikan produk yang Anda jual di media sosial kemudian lakukan pencatatan pada produk pesanan baru setelah itu Anda hanya perlu membawa produk yang telah dipesan tersebut ke sekolahan. Kue yang bisa Anda jual antara lain kue bolu, rissoles, lumpia, keripik singkong, dan masih banyak makanan lainnya.

9. Penginstalan Komputer

Anda sebagai pelajar yang mengerti tentang komputer bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan sehingga bisa untuk menambah uang saku. Usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan jasa penginstalan komputer. Sebagai tahap awal, Anda dapat mengenalkan jasa instalasi komputer dengan cara membantu teman maupun orang yang ada di sekitar terlebih dahulu.

Selanjutnya untuk memperoleh banyak klien bisa dengan menyebarkan brosur atau iklan di media sosial yang sekarang ini menjadi alat promosi paling ampuh.

10. Admin Media Sosial

Usaha tidak selalu berkaitan dengan barang atau produk yang dijual, karena jasa pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah dengan menjadi admin di media sosial. Untuk menjadi admin Anda wajib mengetahui tentang topik-topik yang akandijadikan bahan untuk postingan dari suatu akun.

11. Usaha Jasa Pengetikan dan Print

Peluang usaha jasa pengetikan serta print untuk Anda sebagai pelajar merupakan peluang yang sangat menjanjikan, apalagi jika selama sekolah Anda tinggal di tempat kos karena jarak sekolah dan rumah terlalu jauh. Sekarang ini tugas sekolah sudah banyak yang diberikan dengan bentuk cetakan. Sebagian dari pelajar juga banyak yang menggunakan jasa pengetikan dalam mengerjakan tugas dari pada mengetik tugas sendiri.

Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang tersebut untuk memberikan tambahan uang saku. Tentu saja untuk membuka usaha ini Anda harus memiliki sebuah komputer maupun laptop serta printer untuk modal yang utama.

12. Peluang Usaha Les Privat

Sebagai pelajar yang ada di Sekolah Menengah Atas atau SMA, Anda bisa membuka les privat terhadap pelajar yang masih duduk di bangku SMP, SD, bahkan Taman Kanak-Kanak, tergantung dari keterampilan yang Anda miliki. Misalnya jurusan Anda di SMA adalah IPA maka bisa memberikan les privat biologi, kimia, fisika, maupun matematika. Selain memperoleh tambahan uang saku, Anda juga bisa menguasai materi lebih dalam.

13. Peluang Usaha Online Programmer Web dan Blogger

Bagi Anda yang sedang kuliah di jurusan Teknologi Informasi atau TI, terdapat peluang usaha online yang sesuai untuk dijalankan. Jadi, usaha programee webiste secara online dan menjadi blogger dapat Anda pilih sebagai usaha yang cocok dengan mata kuliah yang Anda tempuh. Anda bisa membuat blog, situs, maupun e-commerce yang bisa memberikan pemasukan pasif.

14. Usaha Jual Beli Buku Bekas

Sebagai pelajar tentu Anda akan membutuhkan beberapa buku akademik yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang bisa menguntungkan, yaitu dengan menjual buku bekas dengan harga lebih murah tanpa harus mengorbankan fungsinya. Biaya pendidikan yang semakin mahal membuat pelajar lebih memilih untuk menggunakan buku bekas dalam mengurangi beban keuangan.

15. Peluang Usaha Servis Laptop atau Komputer

Sebagai seorang mahasiswa yang mengerti masalah laptop serta komputer bisa memanfaatkan kelebihannya dengan membuka jasa servis laptop dan komputer. Selain memiliki keterampilan tentang software dan hardware, Anda juga membutuhkan beberapa alat perbaikan misalkan tang, obeng, dan alat-alat yang lainnya.

16. Usaha Jasa Pembuatan Website

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, telah banyak perusahaan, sekolah, maupun kampus yang memiliki website sendiri. Bahkan sekarang ini ada banyak blog atau website di internet. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan banyak uang tambahan dengan membuka jasa pembuatan website. Anda harus bisa mengolah kode PHP atau Personal Home Page, ASP atau Active Server Pages dengan cara manual serta bisa menggunakan CMS atau Content Management System misalnya Wordpress.

17. Usaha Jasa Penerjemah

Banyak mahasiswa sekarang ini yang memilih peluang usaha untuk membuka jasa penerjemah, karena bisa mendapatkan keuntungan serta hanya bermodalkan keterampilan dalam berbahasa asing. Anda hanya butuh menyediakan perangkat seperti laptop, gadget, maupun komputer.

18. Usaha Jasa Pengiriman

Usaha yang bisa dilakukan oleh pelajar yang berikutnya adalah membuka jasa pengiriman. Anda hanya bisa bermodalkan motor untuk mengantar barang yang berada di sekitar sekolah atau kampus. Usaha ini bisa dibilang menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya dituntut memiliki kendaraan pribadi dan surat kelengkapannya serta memahami beberapa wilayah pengiriman.

19. Usaha Jasa Desain Grafis

Untuk Anda sebagai seorang mahasiswa yang memiliki hobi dengan desain grafis dan memiliki keahlian, maka bisa memulai usaha dengan membuka jasa desain grafis yang ditawarkan pada mahasiswa lainnya atau bahkan mungkin ditawarkan kepada dosen. Dalam usaha ini, Anda dituntut untuk keterampilannya dalam pengoperasian software misalnya photoshop dalam melakukan desain grafis.

Dari keterampilan tersebut maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak yang diberikan klien karena sudah mengerjakan tugas desain grafis nya, desain kaus, edit foto, desain website, dan jasa desain yang lainnya.

20. Usaha Jasa Penulis Lepas

Apabila Anda sebagai pelajar atau mahasiswa mempunyai hobi menulis serta memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide dengan bentuk tulisan, maka mejadi penulis lepas bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk memperoleh untung banyak. Menjadipenulis lepas cukup mudah untuk dikerjakan serta nyaris tanpa menggunakan modal. Karena yang diperlukan hanyalah kemampuan dalam menulis, imajinasi, serta kreativitas.

Untuk bentuk tulisan yang ditawarkan bervariasi, seperti artikel umum yang mempunyai beberapa topik sampai dengan tulisan kreatif misalnya puisi serta cerpen.

Itulah ulasan mengenai 20 Peluang Usaha untuk Pelajar dengan Modal yang Menguntungkan yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai pelajar dalam mencari tambahan uang saku. Yang paling penting adalah bersungguh-sungguh dalam bekerja dan tetap jaga prioritas utama sebagai pelajar yaitu belajar, jangan sampai Anda mengesampingkan belajar yang seharusnya menjadi prioritas utama. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.