Tips dan Kunci Sukses Memulai Usaha / Bisnis Kuliner untuk Pemula

Tips dan Kunci Sukses Memulai Usaha / Bisnis Kuliner untuk Pemula -- Tips Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula Terbukti Ampuh, Kunci Sukses Usaha Kuliner, Tips Memulai Usaha Kuliner dari Nol, Cara Membuka Usaha Kuliner / Makanan Modal Kecil, Tips Sukses Bisnis Kuliner, Tips Bisnis Makanan yang Menguntungkan, Tips Usaha Kuliner Modal Kecil, Tips Usaha Kuliner Pinggir Jalan, Kunci Sukses Memulai Bisnis Kuliner dari Nol, Kiat Sukses Membuka Usaha Kuliner dari Nol


Usaha kuliner memang selalu menjadi jenis bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Jenis usaha ini selalu dibutuhkan oleh setiap orang, mengingat setiap harinya manusia membutuhkan suplai makanan dan minuman. Bahkan usaha kuliner bisa menjadi jenis bisnis jangka panjang jika pemiliknya mampu mengelola dengan baik dan benar. Sebuah bisnis kuliner akan selalu berkembang dengan disertai inovasi-inovasi baru yang menarik.

Ada banyak sekali jenis bisnis kuliner yang bisa Anda jalankan. Anda bisa memilih kuliner tertentu sesuai dengan kondisi lingkungan tempat memulai bisnis kuliner. Dengan modal yang kecil usaha kuliner bisa dijalankan oleh setiap orang yang mau menekuninya. Beberapa tahun belakangan ini banyak para pebisnis yang melirik usaha kuliner sebagai jenis usaha yang menjanjikan dengan profit yang besar. 

Tidak hanya pemula dalam bidang bisnis, bahkan orang yang sudah terbiasa menjalankan bisnis juga mulai merambah menekuni usaha kuliner. Hal ini dikarenakan minat masyarakat yang tinggi terhadap berbagai jenis kuliner yang lezat dan menarik. Banyak sekali tema dan jenis kuliner yang disediakan oleh masing-masing pelaku bisnis ini. Sebagai pemula tentunya Anda harus mengetahui tips-tips yang menjadikan usaha kuliner berhasil dan menguntungkan.

18 Tips dan Kunci Sukses Memulai Usaha / Bisnis Kuliner untuk Pemula

1. Mempersiapkan Modal Usaha

Untuk membuka sebuah usaha kuliner maka Anda harus mempersiapkan modal terlebih dahulu. Walaupun dalam jumlah yang kecil, tanpa adanya modal maka Anda tidak bisa menjalankan bisnis kuliner mengingat bahan-bahan pokok yang digunakan harus dibeli terlebih dahulu. Baik Anda menjalankan bisnis kuliner ataupun jenis bisnis lainnya adanya modal akan mendukung kelancaran suatu usaha.

Namun, bagi Anda yang kekurangan modal saat hendak memulai bisnis kuliner maka bisa melakukan beberapa langkah alternatif. Untuk mendapatkan modal Anda bisa mengajak partner yang sekiranya memiliki cukup modal, serta melakukan peminjaman di bank melalui KUR atau UKM. 

Saat bisnis kuliner sudah berjalan, usahakan untuk selalu membuat laporan keuangan agar bisa memantau dan mengatur situasi keuangan dari bisnis yang digeluti. Dengan cara ini maka uang pribadi dan uang yang digunakan untuk usaha tidak tercampur.

2. Menentukan Target

Agar usaha kuliner yang Anda jalankan benar-benar menguntungkan maka menentukan target pasar merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dalam menentukan target pasar ini Anda tidak hanya menawarkan harga yang murah dan terjangkau kepada para pembeli, namun mampu menentukan selera pembeli dan menyamakan persepsi. Dalam menyamakan persepsi dan selera pembeli diperlukan pemahaman yang cermat agar kuliner yang Anda jual laku keras.

Sebenarnya keinginan pembeli cukup sulit untuk diamati, sebab antara pembeli yang satu dengan yang lainnya pasti memiliki perbedaan. Sebagai pelaku bisnis kuliner Anda harus mengambil jalan tengah berupa peminat terbanyak terhadap cita rasa sebuah kuliner yang ditawarkan. Saat peminatnya banyak maka keuntungan yang diperoleh juga bisa meningkat drastis.

3. Menentukan Lokasi

Tips usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah menentukan lokasi. Saat hendak memulai sebuah bisnis kuliner, tahap menentukan lokasi ini menjadi  hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Usahakan untuk memilih usaha kuliner yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat agar menunjang kelancaran usaha yang dilakukan.

Dengan memilih lokasi yang strategis maka penghasilan yang Anda dapatkan juga akan bertambah karena pelanggan yang lebih banyak. Lokasi strategis yang bisa Anda pilih untuk mendirikan usaha kuliner meliputi kawasan mal, perkantoran, kampus, perumahan, sekolah, kampus, serta tempat wisata. Kawasan tersebut biasanya dilalui oleh banyak orang, sehingga sangat potensial untuk mendirikan usaha kuliner. Terlebih lagi jika jenis kuliner yang Anda jual memiliki cita rasa yang lezat, pastinya akan banyak orang yang berdatangan untuk membelinya.

4. Memiliki Konsep Menarik

Di tengah persaingan bisnis yang sangat banyak ini tentunya memiliki konsep menarik akan menjadikan usaha kuliner yang Anda miliki terlihat berbeda dari yang lainnya. Saat hendak membuka usaha kuliner pastikan Anda memikirkan konsep seperti apa yang hendak dibawa, agar mampu menari perhatian pembeli. Dengan mengusung konsep yang menarik maka akan banyak orang yang berdatangan untuk membeli dan pendapatan Anda juga akan meningkat.

Dengan menerapkan konsep yang unik dan menarik ini maka para pengunjung dapat dengan mudah mengingat usaha kuliner yang Anda rintis. Terlebih lagi untuk para pemula, jika konsep yang dimiliki sama seperti pelaku bisnis kuliner lainnya maka akan sulit dikenal oleh publik. Jika konsepnya berbeda dan menyajikan menu-menu lezat dengan harga terjangkau maka usaha kuliner yang Anda jalankan akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan.

5. Buatlah Menu Andalan

Tips usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah membuat menu andalan. Menciptakan menu andalan juga merupakan salah satu tips agar usaha kuliner yang Anda miliki cepat diketahui oleh banyak orang. Pastikan bahwa menu andalan tersebut memiliki cita rasa khas yang lezat, karena akan menjadi ciri khas dari usaha kuliner yang Anda jalankan.

Adapun cara membuat menu andalan adalah dengan cara mengamati menu andalan dari bisnis kuliner lain yang sejenis, kemudian anda menirunya. Dalam menirunya tidak boleh sama persisi, akan tetapi dengan melakukan modifikasi yang agar tercipta menu baru yang fresh. 

Jangan pernah sekali-kali membuat menu andalan yang sama dengan menu andalan bisnis kuliner lain jika Anda bukanlah mitranya. Buatlah menu andalan yang berbeda agar bisa Anda tawarkan dengan bangga kepada para pelanggan. Dengan membuat menu andalan yang lezat maka akan banyak orang yang membeli kuliner yang Anda jual, sehingga akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan.

6. Menentukan Pemasok

Tips berikutnya agar memiliki usaha kuliner yang menguntungkan adalah menentukan pemasok bahan baku. Sebelum memulai usaha kuliner pastikan agar Anda sudah memiliki pemasok yang benar-benar terpercaya dan terjamin. Dengan memiliki pemasok bahan baku yang jelas maka usaha kuliner yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik. 

Pemasok merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberhasilan bisnis online, sehingga pilihlah pemasok yang mampu memenuhi kebutuhan akan bahan baku yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis kuliner. Selain itu, pastikan pula jika pemasok tersebut menyediakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kualitas bahan baku tersebut akan menentukan kualitas kuliner yang Anda jual. Sedangkan harga yang terjangkau akan menjadikan untung yang diperoleh lebih banyak.

Dalam mencari supplier yang menawarkan harga terjangkau Anda harus melakukan survey terlebih dahulu kepada beberapa supplier atau pemasok. Sebelumnya lakukan perhitungan secara spesifik terkait bahan baku, pengeluaran modal, serta pengeluaran lainnya agar bisa diketahui harga bahan baku yang seharusnya dibeli.

7. Miliki Pengetahuan dan Kemampuan Dasar

Tips usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang usaha kuliner yang akan dirintis. Kemampuan dasar tersebut merupakan hal yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis kuliner. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dasar dalam bisnis kuliner yang hendak dilakukan maka akan sulit mengembangkan bisnis tersebut ke depannya. 

Dari pengetahuan dan kemampuan dasar yang matang tersebut maka seorang pelaku bisnis kuliner akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya tersebut, sehingga menjadi bisnis yang lebih menguntungkan. 

8. Memanfaatkan Internet

Tips usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan internet. Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menjadikan promosi melalui internet merupakan salah satu cara dalam mengenalkan bisnis kuliner kepada masyarakat luas. Saat ini hampir setiap orang menggunakan internet setiap harinya, baik itu untuk mencari informasi penting ataupun sekadar membuka social media. 

Dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi Anda bisa memilih social media seperti facebook, instagram, dan sebagainya untuk mengenalkan produk kepada publik. Tunjukkan dengan tepat dan terarah tentang kelebihan dari usaha kuliner yang Anda jalankan. Selain itu, ciri khas usaha kuliner juga sebaiknya ditunjukkan agar mudah diingat oleh calon konsumen.

9. Harga yang Terjangkau

Kuliner merupakan jenis makanan pokok, sehingga dibutuhkan orang setiap harinya. Untuk itu, dalam membeli kuliner orang cenderung untuk memilih yang harganya terjangkau karena sering membeli dalam jumlahnya banyak. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas rasa yang lezat akan menjadikan para konsumen tersebut sebagai pelanggan tetap. Jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap maka penghasilan yang didapatkan juga cukup menguntungkan. 

Belum lagi dengan adanya konsumen baru yang lama-lama bisa menjadi pelanggan jika Anda menawarkan harga terjangkau dengan rasa terbaik. Untuk para pemula dalam dunia bisnis online juga sebaiknya memberikan harga yang terjangkau agar mudah dikenal oleh masyarakat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah harga yang terjangkau tersebut telah disesuaikan dengan modalnya. Jangan sampai Anda menawarkan harga murah namun merugi di belakang.

10. Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang diberikan oleh pemilik bisnis kuliner akan menentukan jumlah pelanggan yang dimiliki. Bukan hanya rasa kuliner yang lezat, ternyata banyak para konsumen yang merasa dihargai jika saat membeli dilayani dengan baik dan sepenuh hati. Bukan hanya pelaku usaha online, bahkan jenis bisnis lainnya akan berjalan dengan baik jika pemiliknya melakukan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan atau konsumen. 

Tentu Anda pernah merasakan saat membeli sesuatu tidak dilayani dengan baik pasti merasa tidak senang dan tidak diperhatikan. Untuk membuat pengunjung senang saat datang sebaiknya Anda bersikap ramah dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung bisnis kuliner. Saat pengunjung banyak maka omset penghasilan yang diperoleh juga semakin banyak, sehingga menjadikan bisnis kuliner yang dilakukan menjadi jenis bisnis menguntungkan yang layak untuk dikembangkan.

11. Melakukan Promosi dengan Tepat

Tips usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan melakukan promosi dengan tepat. Seperti yang telah diketahui bahwa promosi merupakan salah satu ajang mengenalkan jenis kuliner yang dibuat ke pada masyarakat luas, sehingga harus dilakukan dengan tepat. Adapun jenis promosi yang bisa dilakukan seperti 

12. Bersabar

Tips selanjutnya untuk menjadi pengusaha kuliner yang sukses adalah sabar dalam berusaha. Banyak sekali pengusaha kuliner pemula yang gagal karena kurangnya kesabaran saat awal mula merintis suatu usaha. Hal yang harus Anda lakukan saat merintis usaha kuliner adalah tetap bersabar dengan melakukan yang terbaik gar usaha lebih maju dan berkembang untuk kedepannya. Mengingat awal mendirikan usaha pastinya banyak rintangan dan masalah yang menghampiri. 

13. Optimis dan Bekerja Keras

Tips berikutnya agar memiliki usaha kuliner yang menguntungkan adalah dengan selalu optimis dan bekerja keras. Apapun jenis usaha kuliner yang dilakukan jika seseorang memiliki sifat pesimis, maka akan menghambat kesuksesan menghampiri. Jalan terbaik bagi para pengusaha, khususnya pengusaha kuliner adalah tetap berusaha dan selalu optimis bahwa akan meraih kesuksesan. Dari pemikiran yang positif tadi maka akan muncul ide baru yang kreatif untuk perkembangan bisnis kuliner.

14. Menjalin Relasi

Dalam menjalin bisnis apapun tentunya  membutuhkan adanya relasi agar bisa menuai kesuksesan. Tidak ada bisnis kuliner yang bisa berkembang dengan baik jika tidak menjalin relasi dengan pihak manapun. Menjalin kemitraan yang positif merupakan hal yang penting bagi pelaku bisnis kuliner, apapun jenis bisnis kuliner yang digeluti. Dengan memiliki relasi yang luas maka akan mendukung proses mengembangkan bisnis kuliner yang Anda miliki, sehingga akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan untuk dilakukan. 

15. Mengetahui Kelebihan Usaha

Para pengusaha kuliner juga sebaiknya mengetahui kelebihan dari usaha yang tengah dijalani tersebut. Biasanya kelebihan suatu usaha tidak hanya satu, namun ada beberapa. Sebagai pelaku bisnis kuliner sudah sepatutnya Anda mengetahui kelebihan tersebut sebelum memulainya. 

Seperti saat hendak berjualan makanan ringan maka kelebihannya modal yang tidak terlalu besar serta pemasarannya yang mudah. Dengan memperbanyak informasi terkait kelebihan bisnis kuliner yang dijalankan maka memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

16. Mengetahui Kelemahan Usaha

Tips berikutnya agar memiliki usaha kuliner yang menguntungkan adalah dengan mengetahui kelemahan usaha tersebut. Setelah mengetahui beberapa poin penting tentang kelebihan bisnis kuliner yang dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui kelemahan atau kekurangan bisnis kuliner tersebut, contohnya seperti bahan baku yang sulit diperoleh, bahan baku yang mahal, dan sebagainya. 

Dengan mengetahui kelemahan dari bisnis kuliner yang hendak dijalankan maka Anda akan lebih berhati-hati dalam membuat keputusan dan mengambil langkah untuk bisnis kuliner. Kelemahan suatu usaha kuliner sangat penting diketahui oleh pemiliknya agar tidak terjebak saat menjalankan bisnis karena tidak mengetahui kekurangan bisnis yang dilakukan.

17. Perhatikan Kunci Sukses

Dalam menjalankan usaha kuliner yang menguntungkan sebaiknya Anda mengetahui beberapa kunci sukses sedini mungkin. Contohnya untuk Anda yang hendak berjualan ayam crispy sebaiknya pilih lokasi yang berdekatan dengan anak-anak seperti sekolah, karena banyak sekali anak-anak yang menyukai jenis kuliner yang satu ini. 

Contohnya lagi jika Anda akan berjualan ayam bakar, sebaiknya pilih lokasi yang dekat jalan utama sehingga mudah dijangkau. Hindari berjualan di tempat yang sulit dijangkau, karena orang akan malas untuk datang karena jalannya yang sulit. Untuk Anda yang menekuni usaha kuliner catering maka kunci suksesnya adalah dengan aktif menawarkan usaha yang dimiliki di berbagai forum sosial tempat berkumpulnya banyak orang.

18. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan hal wajib yang harus dikuasai oleh para pelaku bisnis kuliner agar memperoleh kesuksesan dalam bisnis yang dijalani tersebut. Ada berbagai strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan, seperti menyebar brosur atau selebaran yang berisi penawaran dari jenis kuliner yang Anda jual. 

Untuk Anda yang masih awal dalam menjalankan bisnis kuliner sebaiknya berikan promo atau penawaran khusus kepada para konsumen agar tertarik. Penawaran khusus yang bisa diberikan seperti potongan harga untuk jenis kuliner tertentu dan sebagainya. Dengan strategi pemasaran yang tepat maka Anda akan memiliki usaha kuliner yang menguntungkan.


Itulah ulasan mengenai Tips dan Kunci Sukses Memulai Usaha / Bisnis Kuliner untuk Pemula. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda sebagai pemula dalam memulai usaha kuliner. Cukup sekian dan terima kasih. Semoga anda berhasil dan sukses dengan usaha kuliner anda.